Home / Ekonomi / Bisnis

Harga Komoditi Pertanian di Ternate Tergantung Stok

28 September 2021

TERNATE, OT - Harga rempah-rempah, bawang rica tomat (barito) serta komoditi pertanian lainnya, pada sejumlah pasar di Ternate terpantau masih normal.

Data yang dihimpun indotimur.com, harga bawang merah dan bawang putih dijual dengan harga Rp, 40.000/kg, cabe Rp, 55.000/kg, cabe keriting Rp 25.000/kg, tomat Rp 20.000/kg, sedangkan lemon dijual dengan harga Rp, 30.000/kg.

Rosdiana salah satu pedagang Barito, kepada indotimur.com, membenarkan harga barito di kota Ternate masih normal, meski kadang-kadang naik turun.

"Hari ini, turun tapi selisih tidak besar, paling 2.000,- hingga 3,000,- selisih dari minggu lalu," aku Rosdiana.

Meski ada penurunan harga, namun dia mengaku, harga ini masih fluktuatif, karena bisa saja naik, bisa juga turun, "harga bawang, rica, tomat dan lemon kerap mengalami perubahan setiap minggu," ungkap Rosdiana.

Hal ini dipicu, ketersediaan komoditi pertanian yang dipasok dari luar Ternate, kalau lemon karena dipasok dari luar, sehingga kadang-kadang stok terbatas. Kadang kita minta 2 peti, tapi dikirim 1 peti, ini yang memicu harganya naik," ujar Roadiana seraya menyebut, sebagian rempah-rempah dipasok dari Manado, Makassar dan Jawa Timur.

"Kalau lemon, sebagian besar dipasok dari Sumaim, kalau rica, tomat ada juga yang dipasok dari petani di sini (Ternate-red)," tutup Rosdiana.

 (mg_mahasiswa)


Reporter: Magang
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT