Home / Ekonomi / Bisnis
30 April 2019

Harga Bawang, Cabai Dan Tomat Di Ternate Mulai Naik

Hitung hari jelang puasa, pasar Barito sudah mulai ramai

TERNATE, OT - Menjelang bulan suci Ramadan 1440 H sejumlah bahan kebutuhan pokok di pasar Barito Ternate mulai naik.

Pantauan indotimur.com, Selasa (30/4/2019), sejumlah kebutuhan pokok seperti bawang merah, bawang putih, cabai dan tomat, mengalami kenaikan.

Jubaida Popa salah satu pedagang di pasar Barito kepada indotimur.com  mengatakan, harga bawang merah yang sebelumnya Rp 30 ribu per kg, sekarang naik menjadi Rp 50 ribu per kg. Sedangkan bawang putih per kilonya, Rp 50 ribu, sekarang naik menjadi Rp 56 ribu per kg.

"Kenaikan harga tersebut, karena ambil dari luar Maluku Utara, yakni Manado. Oleh karena itu dipatok denga harga demikian, mengingat ongkos transportasi," kata Jubaida.seraya menyebut kenaikan harga tersebut sudah terjadi sejak pekan lalu.

Jubaida menambahkan, selain bawang merah dan bawang putih, kenaikan juga berlaku untuk komoditi cabai kriting, yang sebelumnya dijual dengan harga Rp 25 ribu per kg, kini naik menjadi Rp 28 per kg. Sedangkan cabai rawit harga sebelumnya Rp 25 ribu per kg, sekarang naik hingga Rp 45 ribu per kg.

"Untuk cabai kriting dan rawit, diambil dari daerah Subaim dan Tobelo, mengingat ongkos kapal dan lainya, olehnya itu dijual dengan harga demikian," aku Jubaida.

Meski demikian, lanjut Jubaida, konsumen atau pembeli tidak menurun, "minat pembeli sampai saat ini, Alhamdulillah ramai terus, karena biar bagaimanapun rezeki sudah diatur pada setiap manusia," tukasnya.

Dia belum bisa memastikan apakah harga komoditas dan kebutuhan pokok ini akan kembali naik atau malah turum, "semua tergantung agen" singkatnya.

Terpisah, Faujia Bakar, salah satu pedagang tomat dipasar Barito mengaku,harga tomat sudah naik, untuk harga sebelumnya Rp 5.000 per kg, saat ini sudah naik naik antara Rp 6.000 hingga Rp 7.000 per kg.

"Mungkin karena faktor cuaca beberapa minggu ini tidak bagus, oleh karena itu harganya naik. Kalau cuaca seperti ini terus, dipastikan harga naik hingga Rp 8,000-10,000 per kg," katanya.

Faujia untuk komuditas tomat, sangat bergantung pada cuaca, "karena kalau tomat pada saat musim panas buahnya bagus dan tahan, tidak sama dengan musim  hujan, kalau musim hujan tomat cepat busuk," jelasnya. (MG_02)


Reporter: Munawir Suhardi