Home / Ekonomi / Bisnis

Harga Barito di Ternate Masih Fluktuatif

12 Agustus 2021

TERNATE, OT - Harga rempah hasil pertanian di kota Ternate dalam beberapa pekan ini cenderung fluktuatif.

Data yang dihimpun indotimur.com menyebutkan dalam beberapa pekan terakhir, harga komoditi pertanian seperti bawang, rica, tomat dan lemon tidak menentu.

Abubakar salah seorang pedagang di pasar Barito Ternate mengaku khawatir terhadap harga rempah dalam beberapa pekan terakhir.

.

Dia mengaku, harga bawang, rica, tomat dan lemon kerap mengalami perubahan setiap pekannya.

"Kadang harga rica naik hingga Rp, 90 ribu sampai Rp, 100 ribu, padahal minggu lalu, harga rica hanya Rp, 85 ribu, tapi Alhamdulillah di minggu ini turun lagi menjadi Rp, 65 ribu," kata Abubakar.

Kondisi serupa juga berlaku pada tomat, lemon dan bawang, "kalau harga tomat minggu kemarin 1 peti harga Rp, 450 ribu, minggu ini turun menjadi Rp, 400 ribu, harga lemon maaih sama, Rp, 12 ribu," terangnya.

Sedangkan harga bawang mengalami kenaikan, "kalau minggu lalu dijual dengan harga Rp, 45 ribu, sekarang naik menjadi Rp, 48 ribu," tukasnya.

Abubakar mengaku, sebagian besar rempah-rempah, dipasok dari luar Maluku Utara. Hal ini kemudian memicu harga rempah menjadi fluktiatif, "tergantung situasi dan kondisi cuaca juga, karena proses pengiriman dari NTT kemudian ke Makassar, lalu Manado dan dikirim ke Ternate," ungkap Abubakar.

 (mg_mahasiswa)


Reporter: Magang

BERITA TERKAIT