Home / Ekonomi / Bisnis
07 Februari 2019

Dua Pasar Di Ternate Akan Diresmikan Jokowi

Kadis Perindag : Peresmian Akan Dilakukan Serentak Di Bandung

TERNATE, OT - Peresmian dua bangunan pasar dan kantor meterologi Kota Ternate yang selesai dibangun pada akhir tahun kemarin melalui APBN, dijadwalkan akan diiresmikan secara simbolis oleh Presiden Jokowi di Bandung pada 20 Maret mendatang.

Dalam peresmian itu nanti dua pasar yakni pasar rempah-rempah Kota Baru dan pasar Dufa-Dufa juga ikut diresmikan oleh presiden secara serentak dengan seluruh pasar di Indonesia yang dibangun melalui DAK dan Dana Tugas Pembantuan tahun 2018.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ternate, Nuryadin Rahman mengaku, sesuai dengan hasil koordinasi yang dilakukan Disperindag Kota Ternate ke Direktur Sarana Logistik Kementrian Perdagangan, Kamis (7/2/2019), disepakati dua pasar di Ternate akan diresmikan oleh presiden Jokowi di Bandung.

Nuryadin yang akrab disapa NR menjelaskan, setelah melakukan koordinasi, pihak Kementerian melalui Direktur Sarana Logistik menyampaikan, peresmian pasar dilakukan secara serentak oleh Presiden Jokowi. 

"Nanti pasar seluruh Indonesia yang dibangun pada tahun 2018 melalui APBN baik itu DAK dan dana TP akan diresmikan oleh Presiden pada 20 Maret mendatang di Bandung," kata NR kepada indotimur.com.

Dalam peresmian itu kata dia, kepala daerah yang daerahnya pada tahun 2018 mendapat kucuran dana dari pemerintah pusat akan diundang ke Bandung untuk menghadiri peresmian.

"Jadi nanti rencananya pak Wali akan diundang mengikuti peresmian," ucap NR.

Selain peresmian, lanjut NR, nanti juga akan dilakukan penyerahan penghargaan kepada kepala daerah yang dalam pengelolaan pasar di daerahnya baik.

"Penghargaan nanti diberikan ke darena daerah yang dianggap pengelolaan pasar terbaik, itu nanti dilakukan penyerahaan di Bandung bersamaan dengan peresmian pasar," tutur NR.

Setelah peresmian itu, sambung dia, pihaknya nanti juga akan penyerahan bantuan sejumlah coolbox kepada pelaku IKM yang ada di Kota Ternate, yang rencananya akan dihadiri oleh pihak Kementerian.

"Kita sudah konfirmasi dan mereka bersedia untuk hadir di Ternate," ucap NR seraya menyebut, setelah peresmian pasar dan gedung UPTD Metereologi itu langsung di fungsikan.

"Data untuk jumlah pedagang sudah diatur, jadi kalau sudah peresmian kita langsung fungsikan," pungkas NR. (thy)


Reporter: Ibenk