Home / Advertorial / Bappelitbangda

Pemkot Ternate Komitmen Genjot PAD

Giliran Hotel dan Restoran Bayar Pajak Berbasis Digitalisasi
22 September 2022
Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Dr H Rizal Marsaoly (foto_indotimur)

TERNATE, OT - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pengelola Pendapatan Asli Daerah (PAD) terus melakukan upaya-upaya memaksimalkan potensi-potesi sumber pendapatan dalam rangka meningkatkan PAD Kota Ternate.

Salah satu upaya memaksimalkan porensi-potensi pendapatan, Pemkot Ternate intens menggandeng pihak ketiga dalam pengelolaan PAD Kota Ternate.

Setelah dilakukan kerjasama dengan PT. Intra Mulia Multiteknologi (IMM) untuk genjot PAD pada sektor parkir, Pemkot Ternate juga tengah menjajaki kerjasama sistim digitalilasi pada potensi pendapatan bidang pariwisata pada hotel dan rumah makan yang ada di Kota Ternate.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Ternate, Rizal Marsaoly, mengatakan, proyeksi penagihan pajak resto dan hotel akan melibatkan BPRS. "Hanya saja pajak yang berlaku di hotel dan rumah makan tidak bisa dibagi hasil dengan pihak ketiga, sehingga kita nanti libatkan BPRS," ujar Rizal baru-baru ini.

Mantan Kepala Dinas Perkim Kota Ternate itu menuturkan, setelah didiskusikan dengan pihak BP2RD, skema penarikan retribusi berbasis digital juga melibatkan BPRS, "karena memang sesuai aturan tidak diperbolehkan, makanya berdasarkan hasil diskusi dengan pihak BP2RD, skema tersebut harus dirubah melalui BPRS," katanya.

Rizal menyebut, upaya ini intens dilakukan Pemkot Ternate sebagai upaya mendongkrak PAD, sebab hingga saat ini, PAD Kota Ternate masoh jauh dari target yang ditetapkan.

"Dengan tidak tercapainya target PAD hingga saat ini, maka penting kiranya kerja sama dengan PT. IMM guna mengoptimalkan atau mendongkrak PAD yang berbasis digital," sebutnya.

"Harapannya bisa mendongkrak PAD, karena sudah mau masuk termin empat, ini saya lihat laporan dari Dispenda agak tidak capai target," tambah Rizal.

Dia berharap, dengan adanya kerja sama ini OPD-OPD pengelola pendapatan agar bekerja lebih ekstra untuk memaksimalkan pendapatan sehingga bisa mencapai target hingga akhir tahun ini.

"Kan sekarang, mereka lagi bekerja, semoga hingga akhir tahun bisa capai target," harapnya.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Redaksi

BERITA TERKAIT