Home / Advertorial / Ayo Ke Ternate

Warisan Geologi Ternate Siap Menjadi Geopark Nasional

02 Januari 2023

TERNATE, OT - Tanggal 26 hingga 30 Desember 2022 lalu, Badan Pengelola Aspiring Geopark Ternate berkolaborasi bersama Ternate Geopark Youth Forum melakukan dua  event yang spektakuler sebagai bagian dari rangkaian HAJAT 772 dengan Recognize Kelayakan Situs Sebagai Situs Nasional dan Geopark Nasional serta Volcano and Spice Youth Fest 2022 (Volcest 2022).

Recognize kelayakan situs yang langsung di tinjau oleh tim Pusat Survei Geologi – Badan Geologi ESDM.RI (Dr. Rully Setiawan) didampingi oleh tim Badan Pengelola Aspiring Geopark Ternate dengan mengunjugi  41 Geosite yang menjadi usulan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate.

"Ini sangat luar biasa sebaran keunikan geologi yang dimilikiTernate, sangat lengkap dan text book sekali, kekayaan ini harus dijadikan Laboratorium Alam," ujar Dr Rully saat mengunjugi situs batuangus.

Menurutnya, ada beberapa lokasi yang sebelumnya belum termasuk dalam dokumen usulan, setelah dilakukan recognize oleh tim pusat survei geologi akhirnya dimasukkan di antaranya Punggungan Bukit SOMMA, Bukti Paleotsunami Lotto, Pulau Hiri.

Hal ini disampaikan pada waktu FGD Kelayakan Warisan GeologiTernate yang dilaksanakan di Auditorium Lantai 2 Bappelitbangda.

.

Dr Rully menyampaikan Peran Lembaga teknis di daerah(OPD Teknis) lainnya, sangat penting dalam mewujudkan halini semakin massif sesuai tugas dan fungsi masing-masing OPD, sesuai dengan Perpres No 01 Tahun 2021 tentang Geopark (Taman Bumi)

Volcest 2022, sebagai wujud kolaborasi komunitasi dan wargalingkar destinasi di laksanakan di destinasi geowisata batuangus pada 30 desember 2022.

Event dengan platform edukasi dan konservasi ini menghadirkan Chairman Unesco Global Geopark Youth Forum (Mr.Deo Silalahi) dan secara langsung menjadi event bertaraf internasional yang terintegrasi dengan Event Unesco Global Geoaprk Youth Forum Network.

.

Rizal Marsaoly, dalam sambutan menyampaikan bahwa tiga pilar utama geopark akan terus dimajukan dan dikembangkan sebagai bukti komitmen dan kesiapan pemerintah Kota Ternate bersama masyarakat Ternate terhadap Geopark Nasional Ternate dengan tematik Volcano and Spice Island bahkan SIAP MENUJU GEOPARK UNESCO.

Hal ini disambut sorak semangat sebagai respon dukungan melalui kolaborasi dan inovasi yang tanpa henti, selaras dengan tema HAJAT 772.

"Kita tidak perlu jauh-jauh sampai ke Jeju – Korea Selatan, karena batuangus sudah seperti Jeju dan saya akan menyampaikan hal ini di saat pertemuan Geopatk di Maroko (Februari 2023)," tutur Deo Silalahi.

Volcest 2022, juga menjadi momentum edukasi yang diwujudkan pemerintah kota Ternate dengan diresmikannya Mini Museum dan Pusat Informasi Geowisata Ternate yang terpusat di Batuangus.

"Museum dengan konsep Night Show Museum dan dikemas berupa panggung budaya oleh warga Kulaba adalah bagian dari pengembangan peruwujdan ekonomi limgkar destinasi yang harus berkelanjutan," tutur pria yang akrab di sapa RM 1976 (Rizal Marsaoly) saat meresmikan bersama Deo Silalahi.

Kunjungan museum dipandu langsung oleh tim Badan Pengelola Aspiring Geopark Ternate sembari menceritakan Story Line Museum ke pengunjung.

Resolusi terhadap perubaham iklim melalui peran pemuda geopark tertuang dalam Ternate Charter yang merupakan break down dari Batur Charter pada International Youth Forum Camp And Symposium, Salut dan hebat kolaborasi pemuda dan pemetintah di ternate (ucap Deo Silalahi pada waktumemimpin pembacaan Ternate Charter)

Volcest 2022, mendapat dukungan dari berbagai komunitas(Ternate Creative Space, Music Corner, Treesome,PemudaKulaba) Volunteer Dan Warga Kulaba, turut hadir dalamgelaran art and culture space yaitu dinas pariwisata ternate, memberikan bantuan pengembangan kreatif ke rumah budaya Maluku Utara.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Redaksi

BERITA TERKAIT