Home / Indomalut / Ternate
12 Mei 2020

Yusuf: Penutupan Semua Pelabuhan di Kota Ternate Keliru

Yusuf P. Mahli

TERNATE, OT - Pernyataan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ternate, Faruk Albar terkait dengan penutupan semua pelabuhan pada 14 Mei 2020 nanti, dibantah oleh Kepala Bidangnya sendiri, Yusuf P. Mahli.

Kepada indotimur.com, Kepala Bidang Transportasi Laut Dishub Kota Ternate, Yusuf P. Mahili menyampaikan, penututupan semua pelabuhan di wilayah kota Ternate adalah keliru.

"Jadi perlu diluruskan kembali untuk akses transportasi laut atau pelabuhan yang ada di kota Ternate, tidak ditutup. Semuanya berjalan lancar seperti biasa," jelas Yusuf pada Indotimur.com via telepon, Selasa (12/5/2020).

Yusuf mengaku, yang ditutup hanya akses transportasi laut menuju Kota Tidore Kepulauan (Tikep), yakni Ferry atau speedboat dan jenis kapal lainnya, terkecuali bagi pegawai Provinsi dari Ternate-Sofifi diperbolehkan, karena itu wilayah Pemprov jadi ada pertimbangan dari wali kota Tikep untuk dibuka akses.

"Yang bisa hanya transportasi Ternate-Sofifi dengan menggunakan speedboat di pelabuhan Semut Mangga Dua, dan barang atau logistik serta ada kondisi darurat seperti ada warga yang sakit diperbolehkan ke Ternate dan balik ke Tidore," jelas Yusuf.

Untuk itu, dirinya memperjelas terkait dengan pemberitaan sebelumnya. Menurutnya, akses masuk keluar di wilayah Ternate dan sekitarnya tetap berjalan normal, seperti Ternate-Halsel, Ternate-Halbar, Ternate-Sofifi, Ternate-Morotai, Ternate-Makian, Ternate-Moti dan lainnya di semua pelabuhan di kota Ternate masih diperbolehkan karena tidak diyutup.

Kabid mengaku, Dishub tidak ada kewengan untuk menutup pelabuhan, yang bisa mengambil kebijakan untuk tutup pelabuhan hanya KSOP karena menutup pelabuhan ada mekanismenya. Fungsi Dishub hanya sekedar koordinasi.

"Jadi sekali lagi saya perjelas, bahwa Dishub Ternate tidak menutup akses transportasi laut atau tutup semua pelabuhan," tegasnya.

Yusuf menambahkan, penutupan pelabuhan ke Tidore karena sesuai dengan hasil rapat Pemerintah Tikep Senin kemarin terkait dengan kebijakan Prmda Tikep akan menutup semua akses masuk. Sehingga Dishub Ternate hanya menyesuaikan dengan kondisi yang ada.(awie)


Reporter: Munawir Suhardi