Home / Indomalut / Ternate
29 Mei 2020

Wali Kota Ternate Minta Sekda Bekerjasama Tangani Pandemi Covid-19 di Ternate

Wali Kota Ternate, H Burhan Abdurahman saat memberikan sambutan pada pelantikan Sekda Kota Ternate

TERNATE, OT - Wali Kota Ternate, H Burhan Abdurahman meminta Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Ternate yang baru dilantik, untuk membangun komunikasi serta mengkoordinir unsur pemerintah dalam menangani pandemi coronavirus (covid-19) di Kota Ternate.

Saat memberikan sambutan dalam upacara pelantikan dan pengambilan sumpah/janji Pimpinan Tinggi Pratama (Sekertaris Daerah) Kota Ternate, di aula kantor Wali Kota, Jumat (29/5/2020), Burhan mengatakan, sebagai Pimpinan Tinggi Pratama atau Sekda di tengah pandemi covid-19, merupakan sebuah tantangan tersendiri.

"Di tengah-tengah keadaan negara dan daerah yang tidak stabil, secara ekonomi masyarakat, kinerja ASN, aktivitas masyarakat terpaksa dibatasi ruang geraknya demi pencegahan penyebaran virus covid-19, ini tentü menjadi tantangan tersendiri," kata.Burhan.

Sebagai pejabat yang bertanggungjawab penuh atas pengendalian penyebaran virus covid-19 di Kota Temate, Wali Kota bersama unsur pimpinan daerah (Forkompimda) memiliki tanggungjawab besar dalam menangani wabah ini.

Menurutnya, penanggulangan penyebaran covid-19 secara serius dan intens terus dilakukan semua pihak baik pemerintah, TNI/Polri, tenaga kesehatan sampai lapisan masyarakat, namun penyebaran covid-19 masih tetap terjadi.

"Saya yakin gugus tugas telah bekerja maksimal, namun karena virus itu sendiri, tidak dapat dilihat secara kasat mata, bahkan tjdak bergejala sebagamajna virus-virus Iainya. Pada sisi yang Iain kurangnya kesadaran masyarakat untuk mengikuti arahan dari petugas gugus, didukung juga dengan kebutuhan hidup masyarakat yang sangat sulit, membuat kita memiliki tugas dan tanggungjawab yang cukup berat," terang Wali Kota.

Oleh karena itu, Wali Kota meminta, sebagai Sekda Kota Ternate, Yusuf Sunya yang baru saja dilantik dan diambil sumpahnya, harus mampu bekerja sama dengan semua pihak, "termasuk dengan gugus tugas covid-19, dalam memainkan peran sebaik-baiknya, kerahkan semua sumber daya yang ada guna menangani penyebaran virus covid-19 tersebut, sehingga masyarakat terselamatkan dari bencana non alam ini," harapnya.

Sedangkan untuk kepada gugus tugas dan ASN pada umumnya, Wali Kota meminta agar terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk taat dan patuh pada arahan pemerintah dalam menangani penyebaran virus covid-19.

"Demikian juga dengan masyarakat Kota Ternate, agar tetap melaksanakan langkah-langkah pencegahan penyebaran virus. Kita harus yakin bahwa apapun yang kita kerjakan dengan sabar, ikhlas dan berkeyakinan bahwa virus ini semata-mata hanya ujian kecil dari Allah untuk menguji ketaatan dan ketaqwaan kita pada-Nya. Yakinlah bahwa setiap kesulitan pasti ada solusinya dan setiap ada kesusahan pasti ada hikmah dibalik semua itu," pesannya. (thy)


Reporter: Ibenk