Home / Indomalut / Ternate
13 Oktober 2019

Diduga Korsleting, Sebuah Rumah di Kota Ternate Terbakar

Rumah yang sudah terbakar

TERNATE,  OT  -  Sebuah rumah milik Abdurahman Faruk yang terletak di RT 08 RW 02 Kelurahan Tanah Tinggi Kacamatan Ternate Selatan, Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), terbakar diduga akibat korsleting listrik, Sabtu (13/10/2019) sekitar pukul 20.30 Wit.

Amatan wartawan di lapngan, api dengan cepat menghanguskan isi rumah karena petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Ternate kesulitan menjinakan api akibat sulitnya akses jalan masuk.

Safira Halik, istri dari Abdurahman Faruk pada indotimur.com usai kebakaran mengatakan, disaat kejadian dirinya sedang mencuci piring di dapur tiba-tiba terdengar bunyi berupa suara percikan yang berasal dari kamar belakang.

Mendengar suara itu, kata Safira, dirinya langsung membuka pintau kamar untuk memastikan bunyi tersebut, ternyata disaat membuka pintu kamar api sudah menjalar dan membakar seluruh isi kamar.

“Pada saat saya buka pintu kamar, ternyata api sudah menghanguskan seluruh isi kamar, sehingga saya langsung lari keluar meminta pertolongan pada warga yang berada di sekitar rumah,” ujar Safira.

Warga yang berada di sekitar rumah langsung masuk berusaha memadamkan api dengan peralatan seadaanya, dan membantu menyelamatkan sebagian barang-barang mereka.

Ipul, salah satu saksi yang merupakan tetangga pada indotimur.com menuturkan, disaat kejadian dirinya berada di dalam rumah dan mencium bau asap dari samping rumah.

“Saya keluar api pun sudah membesar sehingga warga setempat pun sudah panik dan berlarian ke rumah tersebut untuk meyelamatkan sebagian barang yang ada di dalam rumah. Sebagian warga juga berusaha padamkan api dengan peralatan seadanya menunggu petugas pemadam tiba di lokasi,” jelasnya. 

Sementara Kepala Bidang Operasional (Kabid Ops)  Dinas Pemadam Kebakaran Kota Ternate, Naim Safar mengatakan pada saat kejadian kebakakaran pihaknya mendapat informasi dari masyarakat setempat bahwa telah terjadi kebakaran di Kelurahan Tana Tinggi. 

Mendengar informasi tersebut langsung mengarahkan 7 armada pemadam kebakaran bersama 50 personel untuk melakukan pemadaman api.  “Pada saat melakukan pemadaman kami sedikit kesulitan karena akses jalan menuju ke lokasi terlalu sempit. Namun, alhamdulillah petugas dengan cepat padamkan api sekitar 1 jam lebih," ungkapnya. 

Sekadar diketahui berita ini dipublis pihak Kepolisian dari Polres Ternate sudah memasang Police line di TKP guna untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut. (ran)


Reporter: Randy Basri