Home / Indomalut / Ternate

Besok, Wali Kota Tunjuk Plt Kepala Bapelitbangda Ternate

Abdul Haris : Tiga Lurah di Ternate Tengah Juga Diganti
01 Mei 2021
Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate

TERNATE, OT -Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman berencana menunjuk Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan dan Penelitian, Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kota Ternate, mengantikan Said Assagaf yang telah memasuki masa pensiun sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) sejak, Sabtu (1/5/2021).

"Iya jadi Senin (3/5/2021) pekan depan, baru saya akan tunjuk yang mengantikan posisi pak Said yang pansiun sebagai ASN terhitung mulai tanggal 1 Mei 2021," kata Tauhid Soleman kepada sejumlah wartawan, akhir pekan lalu.

Meski telah memastikan akan menunjuk pengganti Said Assagaf, namun mantan Sekda Kota Ternate itu enggan membeberkan nama Plt Kepala Bapelitbangda.

"Nanti Senin baru, tahu siapa orangnya yang ganti pak Said, bahkan bisa saja sejumlah pejabat lainnya juga ikut digeser," ujarnya

Selain menunjuk Plt Kepala Bapelitbangda, Wali Kota Ternate, dalam waktu dekat berencana menunjuk Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Dinas Kebudayaan Kota Ternate yang hingga saat ini masih dijabat oleh Plt.

Meski demikian, hingga saat ini belum diperoleh informasi, siapa yang akan menduduki jabatan sebagai Plt/Plh Kadis Pendidikan dan Kadis Kebudayaan.

Sementara itu, sebuah sumber indotimur.com, di kantor Wali Kota Ternate menyebutkan, Plt Kepala Bapekitbangda, akan dijabat oleh Dr H Rizal Marsaoly yang saat ini menjabat sebagai Kapala Dinas Pariwisata.

Sumber menyebut, mulai tanggal 1 Mei 2021, Dr H Rizal Marsaoly akan menjalankan tugas selaku pelaksana tugas/pelaksana harian Kepala Bapelitbangda Kota Ternate.

"Jadi selain menjalankan tugas-tugas sebagai Kepala Dinas Pariwisata, Doktor Rizal juga ditugaskan mendrive Bapelitbangda," ujar sumber.

Sedangkan dua pejabat lainnya, sumber menyebut, ada dua nama.yang akan menjabat Plt/Plh Dinas Kebudayaan dan Dinas Pendidikan.

Sumber menyatakan, selain Modlhdar Din, nama.Bachtiar Teng juga disebut-sebut akan menduduki salah satu jabatan yang saat ini dijabat oleh Plt/Plh.

"SK nya hari Senin baru diserahkan, tapi itu (penunjukan-red) Kepala Bappelitbangda sudah A1," ungkap sumber seraya menyebut, Wali Kota dan Wakil Wali Kota sedang melakukan evaluasi terhadap kinerja kepala OPD maupun pejabat eselon II, III dan IV di lingkup Pemkot Ternate.

Selain tiga pejabat tersebut, sumber juga  menyebutkan, Wali Kota melalui Camat juga akan menunjuk tiga Lurah di Kecamatan Ternate Tengah, "dua Lurah masuk masa pensiun, sedangkan satu Lurah yang dijabat Plt juga diganti," ungkap sumber.

Camat Ternate Tengah, Haris Usman saat dikonfirmasi indotimur.com, Minggu (2/5/2021), membenarkan, dua Lurah di Kecamatan Ternate Tengah telah memasuki masa pensiun.

Kata dia, dua Lurah yang memasuki masa pensiun diantaranya Lurah Salahuddin, Muhammad Syarbin dan Lurah Makassar Timur, Nahrul Zakri

Sedangkan jabatan Plt Lurah Marikurubu, Halil Umar juga diganti. Meski demikian, Camat enggan membeberkan tiga nama yang diusulkan untuk mengganti jabatan Lurah lama pada tiga Kelurahan di Kecanatan Ternate Tengah itu.

"Hari Senin, kita sampaikan surat penunjukan Plt/Plh tiga Lurah di Kecamatan Ternate Tengah, diantaranya, Lurah Makassar Timur, Lurah Salahuddin serta Lurah Marikurubu," tutup Camat.

  (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT