30 Juni 2019

Bupati Halsel Buka Lomba Desa Tingkat Provinsi 

Labuha - Desa Tuwokona Kecamatan Bacan Selatan terpilih mewakili Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) dalam lomba Desa tingkat Provinsi. 

Pembukaan Lomba Desa tingkat Provinsi ini dibuka langsung oleh Bupati Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Hi. Bahrain Kasuba, pada Sabtu, (29/06/2019) kemarin, di Desa Tuwokona. 

Acara yang bertajuk "Melalui Lomba Desa Kita Wujudkan Masyarakat yang Kreatif dan Inovatif Menuju Desa Mandiri", dihadiri juga oleh Sekretaris Daerah Helmi Surya Botutihe, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Halsel, Hj. Nurlela Muhammad,  Ketua Tim Penilai Provinsi Abdul Rajak Habibu beserta Rombongan,  Pejabat Esalon II, III dilingkup Pemkab Halsel, Camat Bacan Selatan, Kepala Desa Tuwokona,  Ketua Dan anggota Penggerak PKK Desa Tuwokona serta masyarakat Desa Tuwokona.

Kedatangan Bupati dan rombongan serta Tim Penilai lomba desa tingkat Provinsi di Desa Tuwokona disambut Meriah oleh Masyarakat Desa Tuwokona dengan berbagai tarian juga pengalungan Bunga Kepada Bupati Halsel, Sekertaris Daerah, dan Juga Ketua Tim Penilai Lomba Desa.

Pada kesempatan ini, Bupati Halsel,Hi. Bahrain Kasuba dalam sambutannya mengucapkan rasa syukur karena Desa Tuwokona terpilih mewakili Kabupaten Halsel dalam lomba desa tingkat Provinsi. "Mudah-mudahan Desa Tuwokona dapat menampilkan kreaktivitas dan inovasi yang terbaik dalam penilaian nanti," ungkapnya. 

Lanjutnya, saat ini perkembangan Desa Tuwokona semakin maju dengan adanya tempat Wisata, yaitu Pantai Posi-Posi,  yang dikelolah oleh BUMDES,  yang sekarang menjadi tempat yang viral dikalangan Masyarakat Halsel. 

"Kedepannya Pantai Posi-Posi ini akan kami dirubah menjadi tempat Wisata seperti di Pantai Ancol di Jakarta,"jelas Bupati, yang disambut dengan tepuk tangan meriah oleh seluruh tamu undangan yang hadir.

Orang nomor satu di Bumi Saruma ini berharap dengan terpilihnya Desa Tuwokona sebagai Desa terbaik di tingkatan Kabupaten ini, kedepannya bisa dikembangkan lebih baik lagi. Dirinya juga berharap kepada tim penilai  Provinsi ini agar bisa memberikan penilaian yang Objektif.

"Mari sama-sama kita mendoakan agar Desa Tuwokona dalam perlombaan tersebut bisa menjadi yang terbaik dan bisa mewakili Provinsi Maluku Utara ke tingkatan National, " harap Bupati Halsel. 

Pada kesempatan yang sama Abdul Rajak Habibu selaku Ketua Tim Penilai Provinsi dalam sambutannya mengatakan bahwa, terkait dengan pelaksanaan Lomba Desa ini sudah diatur dalam permendagri no 81 tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan.

" Untuk itu kami yang hadir di Desa Tuwokona ini ingin melihat sampai sejauh mana perkembangan Desa Tuwokona dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir", ungkapnya.

Abdul juga menambahkan bahwa, penilaian  ini . sesuai dengan permendagri,yang diawali dengan evaluasi diri yaitu dari tingkatan Desa, Kecamatan, serta Kabupaten.

"Kami akan melihat inovasi dari Desa Tuwokona, sehingga bisa diangkat dan dijual dalam tingkatan Regional, Mudah-mudahan Desa Tuwokona dapat lolos dalam tingkatan Regional dengan nilai presentasi sebanyak 477,"tutup Abdul Rajak Habibu, selaku Ketua Tim Penilai Lomba Desa. 

Kemudian Kepala Desa Towokona Nursanti Awal mengucapkan rasa terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pembangunan desa Tuwokono sehingga terpilih sebagai Satu satunya Desa yang mewakili Halsel ke ajang lomba Desa  tingkat Provinsi.

" Terima Kasih kepada semua pihak yang telah turut terlibat dan pembangunan desa ini, sehingga Desa Towokona ini  dapat terpilih mewakili Halsel untuk mengikuti lomba desa tingkat Provinsi ini, semoga desa kami  bisa terpilih dan lolos dengan nilai yang lebih tinggi,"ungkap Kepala Desa Tuwokona  

Pembukaan lomba Desa semakin meria dengan adanya Penampilan Tarian Gala dan juga Tarian Lima Pantun persembahan Sanggar Tari Desa Tuwokona.(LS)


Reporter: Lensa Saruma