Home / Risalah DPRD Ternate

Wali Kota Ternate Sampaikan Jawaban Pandangan Umum Fraksi DPRD Atas LPP APBD Tahun 2020

14 Juni 2021
Wali kota saat menyampaikan jawaban terhadap pandangan umum fraksi-fraksi DPRD pada rapat paripurna pembahasan LPP ABPD Kota Ternate (foto_bucek)

TERNATE, OT - Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman menyampaikan jawaban atas pandangan umum tanggapan fraksi-fraksi atas Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan (LPP) APBD tahun anggaran 2020 ke DPRD Kota Ternate.

Penyampaian jawaban pandangan umum fraksi itu disampaikan dalam rapat paripurna DPRD Kota Ternate, yang dipmpin Ketua DPRD Muhajirin Bailussy, Senin (14/6/2021).

Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman menyampaikan, penghargaan dan terima kasih terhadap apresiasi dari semua fraksi DPRD Kota Ternate, atas keberhasilan Pemerintah Kota Ternate dalam meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari laporan hasil pemeriksaan BPK Tahun 2020.

Menurutnya, tentang opini WTP dari BPK RI atas hasil Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2020, hal tersebut kata Tauhid, merupakan bukti kerjasama  antara Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate dan DPRD Kota Ternate dalam menyempurnakan segala kekurangan untuk hasil yang lebih baik.

Sementara, terkait dengan sorotan beberapa Fraksi terhadap melambatnya pertumbuhan ekonomi Kota Ternate di Tahun 2020, yang disebabkan dampak dari Pandemi Covid-19, hal ini terjadi di semua daerah di Indonesia, bahkan di beberapa Negara maju pun mengalami hal yang sama.

Penandatangan

Atas masukan dan beberapa saran strategis dari beberapa Fraksi DPRD, Saya memberi apresiasi yang setinggi-tingginya dan untuk kedepannya dalam rangka pemulihan ekonomi Pemerintah Kota Ternate akan lebih memperbanyak program-program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Lanjutnya, dalam rangka penguatan pemulihan ekonomi. Program-program ini akan diarahkan melalui perangkat daerah atau OPD, melalui sektor yang diharapkan mampu mendorong pemulihan ekonomi lebih cepat, yaitu sektor Pariwisata, Koperasi dan UKM, Perindustrian dan Perdagangan, Pertanian, Kelautan dan Perikanan, yang kemudian ditunjang oleh beberapa sektor dengan program pendukung lainnya.

"Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah menjalin kemitraan, baik Dewan yang Terhormat maupun Forkopimda dan terkait dengan hal-hal teknis lainnya akan dijawab pada pembahasan Tahap 1 Akhir antara TAPD dengan Badan Anggaran DPRD Kota Ternate," tukas Tauhid.(ier)


Reporter: Irfansyah Tawainella
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT