10 Juli 2019

Polres Sekadau Gelar Upacara Peringati Hari Bhayangkara ke - 73

Foto:Upacara dalam rangka peringati hari Bhayangkara ke -73

SEKADAU, OT - Kepolisian Resor (Polres) Sekadau, Rabu (10/7/2019) menggelar upacara dan syukuran dalam rangka peringati hari Bhayangkara ke-73 tahun 2019, dilaksanakan di lapangan E.J Lantu kecamatan Sekadau Hilir kabupaten Sekadau.

Upacara ini dihadiri Kapolres Sekadau AKBP Anggon Salazar Tarmizi, S.I.K., Wakapolres Sekadau, Kompol Florentus Situngkir, S.I.K, seluruh jajaran dan unsur Polres di lingkup Sekadau.

Selain itu, turut hadir Bupati Sekadau Rupinus, SH, M.Si, OPD, unsur Forkompimda dan Forkopimka, tokoh agama serta tokoh masyarakat Kabupaten Sekadau.

Adapun peserta upacara terdiri beberapa pleton yang terdiri dari TNI, Polri, Sat Pol PP, Damkar, gabungan Ormas Sekadau, pelajar, Pramuka, siswa PKS dan drum band Sinas Pendidikan Kabupaten Sekadau.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Bupati Sekadau Rupinus, SH, M.Si membacakan amanat Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo.

Apresiasi atas kerja keras, pengabdian, pengorbanan, dan perjuangan tanpa kenal lelah yang ditunjukkan personel Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

Kerja keras dan pengabdian Polri telah dirasakan hasilnya oleh seluruh masyarakat Indonesia. Situasi keamanan dalam negeri sepanjang tahun 2018 dan 2019 terpelihara dengan baik.

Polri dan TNI telah mengamankan seluruh perhelatan internasional dan penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Pemilu Tahun 2019 dan seluruh agenda kemasyarakatan sehingga terselenggara dengan aman, damai, dan demokratis.

Kinerja Polri dalam memelihara keamanan dalam negeri terus mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat. Tingkat kepercayaan publik terhadap institusi Polri terus meningkat. Hal tersebut berdasarkan penilaian lembaga survei yang kredibel, bahwa Polri menjadi salah satu lembaga yang dipercaya publik setelah KPK dan TNI.

 Berbagai capaian tersebut diharapkan tidak membuat institusi Polri cepat berpuas diri. Namun sebaliknya, menjadi motivasi dan inspirasi untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Apalagi ke depan, tantangan yang dihadapi Polri dalam memelihara keamanan dalam negeri akan semakin kompleks.

Presiden juga menyampaikan 5 intruksi sebagai pedoman Polri dalam pelaksanaan tugas antara lain sbb:

Pertama, tingkatkan kualitas sumber daya manusia Polri guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks.

Kedua, mengedepankan strategi proaktif dan preventif dengan pendekatan dan tindakan humanis.

Ketiga, terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah dan cepat._

Keempat, terus meningkatkan profesionalisme dan transparansi dalam penegakan hukum, serta memberikan rasa adil kepada masyarakat.

Kelima, perkuat koordinasi dengan  TNI, kementerian/lembaga, pemerintah daerah, serta masyarakat, dalam memelihara keamanan dan ketertiban sosial.

Selesai upacara dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan Kapolda Kalbar kepada Pemda Sekadau dilanjutkan dengan penyerahan hadiah pemenang lomba dan turnamen dalam rangka hari Bhayangkara ke 73 di Polres Sekadau.

Kegiatan diakhiri dengan ramah tamah, syukuran peringati hari Bhayangkara ke 73 di Mapolsek Sekadau Hilir.(red)


Reporter: Yahya