Home / Berita / Politik

Pelantikan TULUS Dijadwalkan 26 April Mendatang

27 Maret 2021
M Tauhid Soleman bersama Jasri Usman (TULUS)

TERNATE, OT - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI menjadwalkan pelantikan pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate terpilih, Tauhid Soleman-Jasri Usman (TULUS), dijadwalkan pada 26 April 2021 mendatang.

Surat Edaran (SE) Mendagri nomor 131/1921/OTDA tentang Pelantikan Bupati/Waki Bupati dan Wali Kota/Wakil Wali Kota tertanggal 25 Maret 2021 itu, ditandatangani Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda), Akmal Malik, atas nama Menteri Dalam Negeri

Dalam Edaran tersebut, poin 3 menjelaskan, pelantikan serentak periode kedua dilaksanakan secara virtual dan secara Hybrid pada tanggal 26 April 2021 bagi Kabupaten/Kota sebagai berikut:

  1. Kabupaten/Kota yang akhir masa jabatan kepala daerahnya pada Bulan Februari 2021 dan sudah selesai sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) di Mahkamah Konstitusi.
  2. Kabupaten/Kota yang akhir masa jabatan kepala daerahnya pada Bulan Maret 2021.
  3. Kabupaten/Kota yang akhir masa jabatan kepala daerahnya pada Bulan April 2021

Surat bersifat segera yang ditujukan untuk 32 Gubernur di Indonesia, termasuk Gubernur Provinsi Maluku Utara itu, juga menerangkan tentang, pengusulan pengesahan pengangkatan BupatiNVakiI Bupati dan Wali Kota/Wakii Wali Kota Terpilih bagi Kabupaten/Kota yang akhir masa jabatan Kepala Daerahnya bulan Februari 2021 dan sengketa PHP di Mahkamah Konstitusi sudah selesai dan bagi Kabupaten/Kota yang akhir masa jabatan Kepala Daerahnya bulan Maret dan April 2021 kepada Menteri Dalam Negeri paling lambat tanggal 1 April 2021; dan

Mendagri juga meminta Gubernur di 32 Provinsi termasuk Maluku Utara untuk, melaksanakan pelantikan BupatiiWakil Bupati dan Wali KotaWakiI Wali Kota Terpilih pada tanggal 26 April 2021 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan membatasi jumlah peserta yang hadir.

BACA JUGA : MK Tolak Gugatan MHB-GAS, TULUS Siap Lantik

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum Kota Ternate menggelar rapat pleno penetapan pasangan Tauhid-Jasri sebagai Wali Kota dan wakil wali terpilih Kota Ternate, Jum’at (26/3/2021).

Selanjutnya, pada malam tadi, DPRD Kota Ternate telah melaksanakan paripurna pengumuman hasil penetapan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih masa jabatan 2021-2024.

BACA JUGA : Sah, TULUS Terpilih Sebagai Pemimpin Baru Kota Ternate

Ketua DPRD Kota Ternate Muhajirin Baylusi usai memimpin paripurna, Jumat (26/3/2021) malam tadi, mengatakan, DPRD telah melakukan rapat peripurna pengumuman hasil penetapan paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate terpilih masa jabatan 2021-2024.

Kata dia sidang paripurna pengumuman hasil penetapan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih masa jabatan 2021-2024, merupakan tindak lanjut dari putusan MK RI dan KPU Kota Ternate.

“Jadi Senin depan, kita (DPRD) akan mengusulkan ke Medagri terkait hasil paripurna ini dan akan dilaksanakan pelantikan Tauhid-Jasri sebagai nahkoda Kota Ternate pada 26 April 2021 mendatang, sesuai jadwal yang dikelurkan Mendagri," kata Muhajirin.

Menurutnya, lamanya pelantikan dilaksanakan ini karena ada pengkajian teknis dan hasilnya paling lama dikelurkan selama 30 puluh hari kedepan.(tima)


Reporter: Gibran
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT