Home / Berita / Politik
13 Juli 2020

KPU Tikep Lakukan Bimtek Pemutakhiran Data di Dua Kecamatan

Bimtek pemuktahiran data pemilih di Tidore

TIDORE, OT- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tidore Kepulauan (Tikep) menggelar bimbingan teknis terkait pencocokan dan penelitian (coklit) untuk Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kecamatan Tidore dan dan Tidore Timur, Senin (13/7/2020).

Ketua KPU Kota Tikep Abdullah Dahlan mengatakan bimtek ini bertujuan untuk membekali PPDP dan PPS saat kegiatan coklit pada 15 Juli - 13 Agustus 2020.

"Coklit itu intinya memperbaiki elemen data, menandai pemilih TMS (Tidak Memenuhi Syarat) di form A.KWK dan menambah pemilih baru jika mereka yang dicoklit belum masuk daftar pemilih," ucap Abdullah.

Bimtek di kecamatan Tidore untuk tim 1 dilaksanakan di kantor kelurahan Indonesiana dengan peserta sebanyak 27 orang, terdiri dari 12 PPS dan 15 PPDP dari kelurahan Indonesiana, Gurabunga, Tomagoba dan Soasio. 

Tim 5 melaksanakan Bimtek di kantor kelurahan Goto dengan peserta sebanyak 27 orang, diantaranya 12 PPS dan 15 PPDP dari kelurahan Tambula, Folarora, Tuguwaji dan Goto.

Sementara, lokasi bimtek di kantor kecamatan Tidore yang dilaksanakan tim 3, jumlah peserta sebanyak 27 orang, yakni 15 PPS dan 12 PPDP dari kelurahan Seli, Soadara, Topo, Topo Tiga dan Gamtufkange.

"Bimtek di kecamatan Tidore Timur dilaksanakan oleh tim 2 dan tim 4 di dua ruang kelas Madrasah Aliyah Dowora," jelasnya.

Untuk tim 2 pesertanya dari kelurahan Cobodoe, Dowora dan Doyado dengan jumlah peserta 18 orang yakni 9 PPS dan 9 PPDP. Serta tim 4 pesertanya dari keluarahan Kalaodi, Mafututu, Tosa dan Jikocobo sebanyak 20 peserta, terdiri dari 12 PPS dan 8 PPDP.

"Kita tetap berupaya mematuhi protokol kesehatan Covid-19 disetiap tahapan pemilihan," katanya.

Dalam Bimtek ini juga langsung disimulasikan cara coklit untuk lebih menguatkan pemahaman PPDP.

Adapun jumlah daftar pemilih (Form. Model A.KWK) yang dicoklit untuk kecamatan Tidore sebanyak 15.704 jiwa, terdiri dari  laki - laki 7.624 orang dan perempuan 8.080. Sementara daftar pemilih kecamatan Tidore Timur sebanyak 6.551 jiwa, diantaranya laki - laki 3.230 orang dan perempuan 3.321 orang. 

Rencananya, Coklit serentak akan dilaksanakan pada 15 Juli - 13 Agustus 2020.

 (uji)


Reporter: Fauji Husen