Home / Berita / Politik
16 Oktober 2020

KPU Tetapkan DPT Pilkada Haltim 57.152 Jiwa

Penyerahan berita acara pleno

HALTIM,OT- Sebanyak 57.152 Daftar Pemilih tetap (DPT) disahkan oleh  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Timur Jumat,(16/10/2020)  melalui  Rapat Pleno terbuka yang  dilaksanakan di Aula Kantor KPU Haltim.

Dari 57.152 tersebut terdiri dari Kecamatan  wasile  Sebanyak 6.940, Kecamatan Maba Sebanyak 6.288, Kecamatan Maba Selatan Sebnyak  5.237, Kecamatan  Wasile Selatan Sebnyak 8.492 Sementara Kecamatan Wasile Tengan Sebanyak  3.836, Kecamatan  Wasile Utara 3.369 Kecxamatan Wasile TImur Sebanyak 7.040, Kecamatan Maba Tengah 3.756, Kecamatan Maba Utara, 5.604, dan Kecamatan Kota Maba Sebanyak 6.590.

Kegiatan yang dihadiri oleh Seluruh pimpinan Komisioner KPU Haltim itu juga dihadiri oleh Seluruh Pimpinan PPK Sekabupaten Halmahera TImur, Bawaslu Kabupaten Haltim yang diwakili Koodinator Devisi Pengawasan Kartini Abdullah, Kapolres Haltim yang diwakili oleh Kabag Ops Polres Hlatim, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Haltim, Irawan Mahbub, dan LO pasangan Calob Bupati dan Wakil Bupati Haltim.

Ketua KPU Haltim, Mamat Jalin dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan tersebut berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 19 Tahun 2019 tentang perubahan atas PKPU nomor 2 Tahun 2017 tentang Pemutakhiran data dan penyusunan Daftar Pemilih Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur,Wali Kota dan Wakil Walikota,Serta Bupati dan Wakil Bupati.

“Dalam Pasal 20 ayat (1) menyebutkan bahwa setelah menerima Hasil Perbaikan, DPS dari PPK, KPU kabupaten Kota melakukan Rekapitulasi hasil Perbaikan DPS dan menetapkan DPT,” kata Mamat.

Dikatakan, setelah dilakukan Pleno Penetapan KPU juga langsung menyampaikan Berita Acara hasil rekapitulasi Daftar pemilih tetap (DPT) Kepada Bawaslu Haltim, Masing Masing Tim Kampanye Pasangan Calon, Dukcapil Haltim, dan PPK Se-Kabupaten Haltim.  

Mamat menegaskan setiap kegiatan KPU Haltim selalu mengedepankan Penerapan Protokol Kesehatan dalam rangka penvegahan Wabah Covid – 19 yang hingga saat ini belum juga berakhir. Kegiatan tersebut juga diakhiri dengan lancer aman tanpa terkendala apapun.(dx)


Reporter: Rudi Mochtar