Home / Berita / Politik
03 Juli 2019

KPU Haltim Segera Usulkan Anggaran Pilkada

Suasana pertemuan anggota KPU provinsi Malut dan kabupaten Haltim

MABA,OT- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara (Malut) meminta kepada Komisi Penilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), agar segera berkoordinasi dengan Pemkab Haltim terkait Pengusulan Anggaran PilkadaTahun 2020.

Hal itu dikatakan Ketua Devisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Malut, Reni Banjar pada saat berkunjung ke Kantor KPU Haltim, Selasa (02/07/2019) kemarin.

Untuk diketahui, kedatangan Reni Banjar di Haltim dalam rangka monitoring dan mengevaluasi persiapan penetapan anggota DPRD terpilih yang sebelumnya telah mengundang partai politik untuk melakukan sosialisai terkait peraturan KPU nomor 5 tahun 2019. Karena Haltim salahsatu daerah yang tidak ada gugatan PHPU ke MK.

Terpisah, Ketua KPU Haltim, Mamat Jalil mengatakan, KPU Malut telah mengintruksikan agar KPU Haltim berkosentrasi terkait Data, karena Pilkada 2020 dimulai dengan pemutakhiran data pemilih. "Jadi kami sudah diberitahukan agar Data itu penting, sehingga perlu di perhatikan," kata Mamat.

Kata dia, DPT sangat krusial maka dipastikan pemilih benar-benar terpenuhi syaratnya sebagai pemilih, sebagaimana syarat UU yang harus menjadi perhatian khusus. "Ini menjadi catatan kami sesuai ketegasan Pimpinan ibu Reni," katanya.

Lanjut dia, KPU Haltim waktu dekat ini mengagendakan Sosialisasi peraturan KPU nomor 5 tahun 2019 tentang penetapan pasangan calon terpilih, penetapan perolehan kursi, dan penetapan calon terpilih dalam pemilihan umum kepada partai politik.

Sedikit diketahui, pertemuan kunjungan anggota KPU provinsi didampingi oleh ketua KPU Mamat Jalil, anggota Rahmawati Bangsa, Ahmad Fauto dan Sukardi Lite berlangsung di Aula pertemuan Kantor KPU Haltim. (dx)


Reporter: Rudi Mochtar