Home / Ekonomi / Perbankan
25 Juli 2019

Bank Muamalat Cabang Ternate Salurkan Zakat Pangan Untuk Kaum Dhuafa

Foto bersama setelah pemberian Zakat untuk kaum dhuafa

TERNATE , OT - Bank Muamalat Cabang Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut) menyalurkan zakat pangan pada kaum dhuafa, melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Malut, Kamis (25/7/2019).

Ketua Basnaz Provinsi Maluku Utara, Iskandar M. Djae kepada indotimur.com mengatakan, bantuan dana Zakat dan pangan ini untuk kaum dhuafa yang ada di Kota Ternate sebanyak 70 orang.

“Ini merupakan bantuan bank Muamalat melalui BAZNAS, karena BAZNAS merupakan lembaga resmi. Tapi untuk bantuan bukan hanya melalui BAZNAS saja, tapi bisa juga melalui Dinas sosial, Hidayatullah dan lembaga lainnya,” uar Iskandar.

Kata dia, kaum dhuafa yang mendapatkan bantuan ini, telah dilakukan pendataan sebelumnya karena jangan sampai tidak tepat sasaran disaat penyaluran. "Insyaallah kedepan untuk dana bantuan Zakat lebih besar dari tahun ini, dan kami peruntukan lagi di kabupaten/kota lain selain kota Ternate,” harapnya.

“Bantuan yang diterima kaum dhuafa berupa beras, terigu, susu, gula, daun teh  dan kebutuhan lainnya," ujarnya.

Menurutnya, Baznas membangun kepercayaan dan  kerjasama dengan pihak perbankkan, agar sama-sama ikut memikirkan bagaimana cara memberdayakan umat.

Dia menambahkan, kedepannya BAZNAS mempunyai program beasiswa tidak mampu, dan itu akan difokuskan untuk kaum dhuafa. Dan yang menerima beasiswa tersebut betul-betul diseleksi. “adi ada beberapa peraturan bagi yang akan terpilih untuk mendapatkan beasiswa nantinya,” katanya.(MG_02)


Reporter: Munawir Suhardi