Home / Berita / Pendidikan

Satu Putri Terbaik Kota Ternate, Terpilih ke Paskibraka Nasional

Wali Kota Ternate Beri Apresiasi
17 Mei 2023

TERNATE, OT - Setelah 6 tahun, Kota Ternate tidak pernah mengirimkan Paskibraka ke tingkat nasional, tahun ini, Kota Ternate akhirnya kembali mengirimkan satu putri perwakilan calon Paskibraka ke tingkat Nasional.

Berdasarkan catatan, terakhir Kota Ternate mengirimkan perwakilan ke tingkat nasional pada tahun 2017.

Surat keputusan hasil seleksi Nasional dan Provinsi Maluku Utara untuk tahapan seleksi pembentukan tingkat Nasional dan Provinsi yang diselenggarakan dari tanggal 14 hingga 17 Mei tahun 2023 resmi diumumkan pada Selasa (16/5/2023) malam tadi dalam acara penutupan seleksi bertempat di aula Hotel Bolote Sofifi.

Kepala Bidang Pemuda Dispora Kota Ternate, Fadly Abu Kasim dalam keterangannya menyampaikan, tahapan seleksi tingkat Nasional dan Provinsi tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan seleksi di Kabupaten dan Kota yang mengacu pada regulasi BPIP.

Meski demikian, ada seleksi tambahan berupa seleksi Psikologi yang dikhususkan bagi peserta yang memenuhi syarat ke tahapan seleksi Nasional.

"Perwakilan Kota Ternate pada seleksi tingkat Nasional dan Provinsi mengirimkan perwakilannya yang terdiri dari 4 putra dan 4 putri," kata Fadly usai mengikuti penutupan seleksi di Sofifi malam tadi.

Dia menyebut peserta perwakilan Kota Ternate mampu meneyelesaikan seluruh rangkaian tahapan seleksi Provinsi sehingga 3 putri masuk pada nominasi ke tingkatan seleksi Nasional. "dan akhirnya perwakilan putri utusan Kota Ternate atas nama Nanda Maulidya terpilih dan mewakili Provinsi Maluku Utara pada peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Negara (Paskibraka Nasional) tahun 2023," terang Fadly.

Pada tahun ini, lanjut Fadly, Panitia Pembentukan Paskibraka Kota Ternate mengirimkan 1 putri ke tingkat nasional, 6 orang ke tingkat Provinsi Maluku Utara dan 51 orang untuk Kota Ternate.

Sementara itu, Kadispora Kota Ternate, Sutopo Abdullah, menyampaikan, ini merupakan pencapaian yang baik sebagai akibat dari proses rekrutmen dan seleksi di tingkat Kota Ternate yang maksimal dengan mengedepankan proses serta skema seleksi berbasis transparansi dan akuntabilitas.

"Peserta yang kami kirim ke tingkat nasional dan Provinsi adalah mereka yang mempunyai potensi dan kualitas sehingga mampu bersaing pada level tersebut," kata Sutopo.

Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman dalam keterangan tertulisnya juga menyampaikan selamat dan sukses atas terpilihnya satu putri terbaik Kota Ternate pada seleksi Paskibraka tingkat nasional.

"Saya menyampaikan selamat kepada adik, Nanda Maulidya dari SMA Negeri 8 Kota Ternate yang terpilih mewakili Provinsi Maluku Utara pada Paskibraka tingkat nasional tahun ini," ungkap Wali Kota dalam keterangan tertulisnya.

Orang nomor satu di jajaran Pemkot Ternate itu mengaku bangga atas pencapaian prestasi Nanda Maulidya. “Ini merupakan hal yang membanggakan dan perlu diapresiasi,” ungkap Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman.

Dia juga berpesan agar seluruh calon Paskibraka Kota Ternate baik yang di tingkat Nasional, Provinsi maupun Kota untuk tetap bersemangat, jaga kesehatan dan tetap kompak.

Wali Kota berharap, para calon Paskibraka yang telah lulus, untuk tetap semangat, giat belajar, mawas diri, jaga kesehatan dan kebugaran untuk lebih siap lagi dalam menghadapi diklat Paskibraka baik di tingkat nasional sampai kota yang akan diselenggarakan pada bulan Juli-Agustus mendatang.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Redaksi

BERITA TERKAIT