14 Juli 2019

Wali Kota Buka Gowes Nusantara Tahun 2019 Di Ternate

Burhan : Masyarakat Dan Pemkot Ternate, Siap Menjadi Tuan Rumah Event-Event Nasional

Wali Kota Ternate, H Burhan Abdurahman Saat Membuka Gowes Nusantara Tahun 2019 (foto_Humas Pemkot)

TERNATE, OT - Wali Kota Ternate, H Burhan Abdurahman, Minggu (14/7/2019) pagi, membuka pelaksanaan Gowes Nusantara Tahun 2019 di lapangan Ngara Lamo Kelurahan Soa Sio, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Ternate ini merupakan program Kementerian Pemuda dan Olahraga  (Kemenpora) dengan tema, "Kita Semua Basudara" itu, turut dihadiri oleh Asisten Deputi (Asdep) Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Alman, unsur Forkompinda Kota Ternate, para pejabat eselon II, III dan IV di lingkup Pemkot Ternate serta ratusan peserta gpwes dari berbagai komunitas sepeda.

Pelaksana kegiatan Gowes Nusantara ini, merupakan salah satu rangkaian kegiatan Jelajah Gowes Nusantara yang diselenggarakan secara nasional pada tanggal 22 Juli mendatang.

Wali Kota Ternate, H Burhan Abdurahman dalam sambutanya mengatakan, kegiatan olahraga yang digagas oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga  di Kota Ternate, tentu mendapat dukungan dari masyarakat dan pemerintah, "masyarakat Ternate siap untuk mendukung, memberikan support dan siap untuk menjadi tuan rumah," kata Burhan.

Penetapan Ternate sebagai tuan rumah event Jelajah Gowes Nusantara ini, tak lepas dari dukungan masyarakat saat Haornas beberapa waktu lalu yang berlangsung meriah dan sukses, "karena itu, kedepan dengan segala kerendahan hati masyarakat Kota Ternate siap untuk mendukung kegiatan apa saja yang berbentuk olahraha di Ternate," ujar Wali Kota dua periode itu.

Menurutnya, dengan berbagai event berskala nasional yang diselengarakan di Ternate, maka secara otomatis, Kota Ternate bisa mempromosikan segala hal baik potensi pariwisata maupun potensi-potensi olahraga.

"Tahun ini juga Kota Ternate akan melakukan salah satu ivent besar yang akan diikuti oleh atlet dari luar Ternate maupun dalam Kota Ternate, nah ini sudah dapat menjadikan program Pemerintah dari ivent yang berkaitan dengan pariwisata hingga dapat memberikan dampak kesejahtraan kepada masyarakat," terangnya.

Sementara itu, Asisten Deputi (Asdep) Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Alman menyampaikan program Gowes Nusantara tahun 2019, merupakan program Kemenpora termasuk di dalamnya ada olahraga tradisional yang dilaksakan untuk dapat meningkatkan budaya budaya yang ada di Indonesia mulai dari Kabupaten Kota hingga tingkat Pusat agar bisa dikembagkan menjadi obsermen para turis. 

Pada program ini, lanjutnya, pemerintah pusat akan menyingkronkan dengan spot tourisem dan juga spot industri, "manfaatnya ini juga tidak dangkal sebatas olahraga tapi diluar itu, ada objek wisata yang dikunjunggi sehingga dapat dipastikan ada dampak ekonomi yang dirasakan oleh masyarakat Kota Ternate," ujarnya.

Selain itu, lanjut Alman, melalui program ini, pemerintah pusat dan daerah dapat menyingkronkan program dalam rangka untuk bisa mengali budaya budaya yang ada di daerah agar bisa dikomsumsi oleh masyarakat di dunia.

"Karena ini suda diviralkan melalui media elektronik hingga bisa dilihat oleh masyarakat mancanegara. Tentu dengan begini akan ada ketertarikan kepada semua masyarakat untuk melakukan olahraga untuk sehat, karena itu sudah merupakan wujud dari negara yang maju adalah masyarakat yang sejahtran sehat jasmani," katanya.

Sekedar diketahui pelaksanaan kegiatan Gowes Nusantara 2019, akan menghadirkan Gowes sepeda sebanyak 775 peserta dan dilanjutkan dengan pembagian doorprize. (red)


Reporter: Randy Basri