11 September 2019

Ternate Triathlon 2019, Siapkan Total Hadiah Rp, 200 Juta Lebih

Komandan Korem (Dandrem) 152/Baabullah, Kolonel.Inf Endro Satoto bersama Wali Kota Ternate, H Burhan Abdurahman 

TERNATE, OT - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 TNI sekaligus menyambut Hari Jadi Ternate (HJT) ke-769, Korem 152/Baabullah bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, berencana melaksanakan kejuaraan Ternate Triathlon 2019, pada 28 September mendatang.

Untuk.memaksimalkan pelaksanaan itu, Komandan Korem (Dandrem) 152/Baabullah, Kolonel.Inf Endro Satoto bersama Wali Kota Ternate, H Burhan Abdurahman memimpin rapat pantapan dan perencanaan kegiatan di aula kantot Wali Kota Ternate, belum lama ini.

Usai memimpin rapat, Dandrem 152/Baabullah, Kolonel Inf Endro Satoto menjelaskan, kejuaraan Ternate Triatlhon 2019, dijadwalkan berlangsung pada tanggal 28 September mendatang.

Kata dia, dalam ivent ini, peserta yang ikut berpartisipasi bukan hanya dari Maluku Utara (Malut), namun juga peserta dari luar Malut, "pesertanya dari seluruh Indonesia dengan 4 kategori yang dipertandingkan," ujar Endro.

Kategori yang dipertandingkan, antara lain, Sprint Nasional dan Internasional dengan jarak renang 750 meter, bersepeda 20 km dan lari 5 km. Kemudian kategori Olimpiade dengan jarak renang 1.500 meter bersepeda 40 km dan lari 10 km.

"Selanjutnya ada kategori Junior usia 14 sampai 16 tahun dengan jarak renang 375 meter, bersepeda 10 km dan lari, 2,5 km dan ketegori Super Sprint TNI/Polri dengan jarak renang 400 meter, bersepeda 20 km dan lari 5 km," ucap Endro seraya menyebut ada kategori Master umur 45 tahun keatas dengan jarak renang 150 meter, bersepeda 10 km dan lari 2,5 km.

Sementara itu, Wali Kota Ternate, H Burhan Abdurahman mengatakan, kejuaraan Ternate Triathlon 2019 ini, diselenggarakan atas kerjasama TNI dan Pemkot serta FTI Provinsi Malut, "jadi pesertanya bukan hanya dari Ternate atau Maluku Utara saja, tetapi juga dari luar Maluku Utara," kata Burhan.

Pemerintah, kata Burhan, berkepentingan untuk mendukung ivent ini, sebab melalui Triatlhon 2019, Kota Ternate akan dikunjungi oleh banyak orang, "jika begitu, tentu saja, secara tidak langsung kita memperkenalkan potensi wisata kita, selain itu, dengan meningkatnya kunjungan orang ke Ternate, sudah pasti memberi efek ekonomi bagi masyarakat Kota Ternate," ujar orang nomor satu di jajaran Pemkot Ternate itu.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kota Ternate, Samin Marsaoly, mengatakan, pelaksanaan kejuaraan Ternate Triathlon 2019, sangat mendukung promosi wisata di Kota Ternate, sebab pada ajang ini, peserta yang hadir bukan hanya dari Makuku Utara, namun juga dari berbagai daerah di Indonesia.

"Dengan demikian Dinas Pariwisata akan menyiapkan berbagai kegiatan maupun sarana dan prasarana untuk mendukung pelaksanaan Kejuaraan Ternate Triathlon 2019," sebut Samin.

Dia mengaku, hingga saat ini, sudah ada peserta yang mendaftar baik dari Malut maupun dari Provinsi lain di Indoneaia. "Kita tergetkan 400 peserta baik dari Malut maupun dari luar," kata Samin seraya menyebut, pendaftaran peserta dibuka sampai tanggal 25 September mendatang.

"Lokasi pendaftaran di Makodim 1501/Ternate. Pemdaftaran sudah dibuka dan akan ditutup pada tanggal 25 September, sedangkan pelaksanaan kegiatan, tanggal 28 September 2019," sebut Samin.

Dalam kejuaraan ini, lanjut Samin, ada total hadiah sebesar Rp, 200.juta, untuk peserta yang memenangkan 4 kategori kejuaraan Triathlon Ternate 2019, "total.hadiah, lebih dari Rp, 200 juta untuk pemenang semua kategori," pungkasnya. (thy)


Reporter: Ibenk