11 Januari 2020

Tahun Ini, Dispora Ternate Jadwalkan Berbagai Event Olahraga

Sutopo : Wujudkan Ternate Sebagai Kota Atlet

Kadispora Kota Ternate, Sutopo Abdullah

TERNATE, OT - Untuk mewujudkan Ternate sebagai kota atlet, Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate melalui Dinas Pemuda danOlahraga (Dispora) telah menyusun rencana sejumlah event olahraga di kota yang berjuluk "Bahari Berkesan" itu.

Kadispora Kota Ternate, Sutopo Abdullah dalam sebuah wawancara menyatakan, sepanjang tahun 2020, pihaknya akan melaksanakan berbagai event olahraga secara berkesinambungan.

Pagelaran pertandingan atau lomba berbagai cabang olahraga ini, selain untuk mencari bibit atlet, kegiatan yang dijadwalkan tiap bulan ini, juga dimaksudkan agar para atlet memiliki wadah untuk terus mengasah kemampuan dan meraih prestasi di tingkat nasional bahkan internasional.

"Sesuai hasil pertemuan dengan asosiasi, kita jadwalkan 9 cabor yang akan diselenggarakan sepanjang tahun ini, diantaranya, sepakbola, tinju, basket, pencak silat, tekwondo, tenis meja, bola volley, bulu tangkis dan futsal," ujar Sutopo yang akrab disapa Opick.

Salah satu cabor yang menjadi perhatian adalah Festival SSB yang rencananya akan dilaksanakan di Ternate dengan melibatkan SSB di sejumlah Provinsi lain di Indinesia, "untuk rencana ini (SSB-red), kita sudah berkoordinasi dengan Askot untuk menggelar festival berskla regional di Indonesia timur," sebutnya.

Mantan Kabag Humas Pemkot Ternate itu bahkan berencana untuk mengundang sejumlah SSB yang ada di Provinsi Maluku, Papua, Papua Barat, Sulawesi Utara dan Selatan, "bahkan tidak menutup kemungkinan kita undang SSB maupun akademi sepakbola dari pulau Jawa," tukas Opick seraya mengaku, saat ini, pihaknya tengah membangun komunikasi dengan Askot dan Askab di Provinsi Maluku Utara.

Opick juga menyebut, rencana event olahraga yang dilaksanakan sepanjang tahun ini, juga telah dibicarakan dengan Dinas PUPR selaku pengelola Sport Hall di lingkungan Ubo Ubo, "jadi kemungkinan venue pertandingan itu akan terpusat di Sport Hall, karena sarana olahraga di sana (Sport Hall-red) sudah sangat layak," ujar Opick sermbari menyatakan, untuk Festival SSB ada beberapa lapangan yang layak dijadikan venue pertandingan.

Dia berharap, kalender olahraga yang nanti akan diselenggarakan di tahun ini, bisa memberikan dampak positif untuk olahraga di Kota Ternate, "kita juga punya motto, "Tiada Hari Tanpa Latihan dan Tiada Bulan Tanpa Pertandingan" ini semua untuk mewujudkan Ternate sebagai kota atlet," pungkasnya.(thy)


Reporter: Ibenk