Home / Nusantara

Tim SAR Gabungan Berhasil Selamatkan 5 Nelayan Morotai

20 September 2021

MOROTAI, OT - Tim SAR gabungan, berhasil menyelamatkan sebuah longboat dengan 5 orang penumpang yang mengalami mati mesin di perairan pulau Kokoya dan pulau Morotai, Minggu (19/9/2021)

Informasi yang dihimpun indotimur.com, melalui kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ternate menyebutkan, Unit Siaga SAR Morotai mendapat laporan dari Hesti (istri salah satu penumpamg),  bahwa suaminya bersama rekannya pergi melaut dan longboat yang ditumpangi mengalami mati mesin di antara perairan pulau Morotai dan pulau Kokoya. 

Awalmya, pada Minggu (19/9/2021) sekitar pukul 08.00 WIT, lima warga Desa Juanga masing-masing, Anwar (34), Darmin (38), Tono (41), Hadi (13) dan Fahri (16) keluar melaut dengan menggunakan 1 unit longboat menuju perairan sekitar pulau Kokoya.

Sekitar Pukul 18.00 WIT, saat dalam perjalanan kembali ke Desa Juanga, longboat mengalami mati mesin. Salah seorang korban berhasil menghubungi pihak keluarga memberitahukan keadaan korban yang melaporkan hingga saat ini masih terapung di perairan antara pulau Kokoya dan Morotai.

Memdapat laporan tersebut, sekitar pukul 20.21 WIT, Koorpos Unit Siaga SAR Morotai mencoba menghubungi korban melalui HP, namun sudah tidak bisa terhubung.

Tim Rescue Unit Siaga SAR Morotai langsung bergerak menuju ke LKP dengan menggunakan speedboat masyarakat.

Sekitar pukul 21.20 WIT, Tim SAR Gabungan berhasil menemukan lima orang korban dalam keadaan selamat pada koordinat sekitar 0,5 NM arah timur laut dari lokasi duga.

Selanjutnya korban dievakuasi menuju ke Desa Juanga Morotai dan langsung diserahkan kepada pihak keluarga.

 (tima)


Reporter: Gibran

BERITA TERKAIT