Home / Nusantara

Tauhid Soleman Nahkodai Perkumpulan Pejuang Bravo 5 Maluku Utara

29 Juli 2022

TERNATE, OT - Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman, secara resmi dilantik sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Perkumpulan Pejuang Bravo 5 Provinsi Maluku Utara.

Taihid dilantik oleh Ketua Umum Bravo 5 Jenderal TNI Fachrul Razi Batubara bersama pengurus lainnya pada Jumat (29/7/2022) di Red Corner Kafe, Kota Ternate.

Dalam sambutannya, Tauhid mengatakan, membangun sebuah kesadaran bernegara merupakan kewajiban dalam memperkuat eksistensi dan kekuatan untuk berdaulat  di negeri sendiri, termasuk melibatkan diri terhadap wadah berhimpun di atas jalan nasionalisme.

“Sehingga kecintaan kita terhadap negara ini, harus dikemas dengan berbagai kekuatan, termasuk melibatkan diri dalam organisasi Pejuang Bravo 5, yang hari ini kita baru telah dilantik secara langsung,” tutur Tauhid.

Menurutnya, terbentuknya Pejuang Bravo 5 di Maluku Utara menjadi sebuah catatan sejarah bagi daerah. Semangat juang kedaerahan hingga semangat nasionalisme, sambung Tauhid, akan menjadi tolak ukur dalam menjalankan roda organisasi.

“Jika kita menelaah lebih jauh lagi, sebenarnya tumbuh kembang semangat nasionalisme, berawal dari organisasi masyarakat yang selalu meletakkan semangat perjuangannya pada gerakan kebangsaan. Gerakan kebangsaan akan menghasilkan kecintaan kita terhadap tanah air,” terangnya.

Tauhid yang juga Wali Kota Ternate memaparkan, nasionalisme adalah sikap politik dan sosial dari sekelompok bangsa yang mempunyai kesamaan tujuan. Selain itu, kewaspadaan nasional juga harus dibutuhkan dalam setiap wadah berhimpun untuk mendeteksi dan mengantisipasi sejak dini dalam melakukan aksi pencegahan terhadap berbagai bentuk potensi ancaman terhadap NKRI.

.

Selanjutnya, kewaspadaan nasional juga dapat diartikan sebagai sikap dalam hubungannya dengan nasionalisme yang dibangun dari rasa peduli dan tanggungjawab seorang warga negara terhadap kelangsungan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dari suatu ancaman.

“Dengan adanya organisasi Pejuang Bravo 5 di daerah ini, kami yakin ada kekuatan baru yang akan menghiasi rasa cinta kita terhadap tanah air. Jiwa kemanusiaan juga harus diletakkan pada tujuan utama sebagai masyarakat yang bernegara, walaupun di dalamnya memiliki perbedaan, tapi kita harus disatukan dengan rasa kemanusiaan untuk mencapai tujuan bernegara,” bebernya disambut meriah.

.

Lebih lanjut, orang nomor satu di lingkup Pemkot Ternate itu juga menegaskan, bentuk cinta kepada negeri harus dikuatkan dengan jiwa kolaborasi untuk sama-sama membantu pemerintah pusat maupun pemerintah daerah agar mewujudkan tujuan masyarakat yang adil dan makmur.

“Kita mungkin saja akan menghadapi berbagai tantangan, untuk menjaga konsistensi kebijakan pemerintah pusat maupun daerah, karena semakin majunya negara, berbagai kepentingan dan intrik akan terus menghantui. Misalnya, dalam konstalasi politik yang tidak beradab akan membuat kesenjangan dan mengakibatkan faksi-faksi politik yang negatif. Tujuan kita bersama, harus menjaga persatuan kita dari kepentingan politik yang mengakibatkan kita terpecah belah,” pungkasnya.

“Kami yakin, dengan adanya organisasi Pejuang Bravo 5 ini, dapat menjadi benteng pertahanan nasional maupun daerah, yang mampuh melawan kepentingan politik yang memecah belah bangsa ini,” tutupnya.

Acara pelantikan dan pengukuhan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Perkumpulan Pejuang Bravo 5 Provinsi Maluku Utara itu, turut dihadiri Sekda Provinsi Malut, unsur Forkompimda Kota Ternate, sejumlah pimpinan OPD di lingkup Pemkot Ternate serta tamu undangan lainnya.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Redaksi

BERITA TERKAIT