Home / Nusantara

Sail Tidore Tetap Dilaksanakan Pada September 2021

07 Januari 2021
Kadis Pariwisata Yakub Husain

TIDORE, OT- Meskipun pandemi Covid-19 yang melanda negeri sehingga sejumlah agenda yang sudah di siapkan tertunda,  pemerintah kota Tidore kepulauan melalui Dinas Pariwisata terus berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk menyiapkan sejumlah dalam menyambut Sail Tidore 2021.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Tidore, Yakub Husain saat dikonfirmasi di ruang kerjanya mengatakan, sejauh ini jadwal kegiatan sail Tidore tetap sama pada bulan September 2021, sehingga sejumlah persiapan terus dilakukan.

"Kegiatan tersebut sesuai jadwal awal masih bulan September, namun hingga saat ini pihak pemerintah kota Tidore sebagi tempat penyelenggaraan Sail, masih menunggu panitia lokal dari provinsi Maluku Utara yang berkordinasi dengan pemerintah pusat" ungkap Yakub.

Jika sudah ada koordinasi dengan pemerintah pusat dan sudah ada kepastian, maka Pemda Kota Tidore dan Pemda Provinsi Malut sebagai panitia lokal akan meramu susunan acara kegiatannya secara baik.

Namun, untuk menunggu koordinasi dengan pemerintah kota Tidore melalui sejumlah instansi seperti Dinas Perumahan Pemukiman (Perkim) dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) juga ikut mempersiapkan lokasi kegiatan hingga alternatif home stay untuk tamu yang dari luar.

Lanjutnya, saat ini kesiapan jangka pendeknya yaitu mendorong UKM untuk bisa berkembang hingga kegiatan Sail Tidore berlangsung, bahkan kesiapan terkait Home Stay tanggung jawabnya ada dinas Perkim.

"Dinas Pariwisata sendiri lebih kepada acaranya, sehingga kami sudah siapkan, Pengembangan seni budaya Tidore ke tingkat Nasional, dan sudah bekerjasama dengan Institut seni Indonesia (ISI) Surakarta, dan targetnya harus tarian Tidore harus ke kanca internasional, bahkan dalam waktu dekat akan diadakan workshop" jelasnya(uji)


Reporter: Fauji Husen

BERITA TERKAIT