Home / Nusantara

Ratusan Masyarakat Ternate Jemput Piagam dan Plakat Pahlawan Nasional Sultan Baabullah

14 November 2020
Suasana penjemputan pahlawan Nasional Sultan Baabullah Datu Syah (foto_hisbulah)

TERNATE,  OT- Ratusan masyarakat kota Ternate, Maluku Utara, Sabtu (14/11/2020) menyambut kedatangan piagam dan plakat penganugerhan pahlawan Nasional Sultan Baabullah Datu Syah di bandara Sultan Baabullah Ternate.

Piagam dan plakat penganugerahan Sultan Babullah sebagai Pahlawan Nasional itu, dibawa langsung oleh masyarakat Kota Ternate dari Bandara Sultan Babullah menuju Kedaton Kesultanan Ternate dengan berjalan kaki. 

Sekjen LSM Karamat, Firjal Usdek mengatakan, untuk penyambutan pahlawan nasional Sultan Baabullah Datu Syah di bandara Babullah oleh masyarakat Ternate dan dari Pulau Hiri serta diikuti juga beberapa warga dari kelurahan yang ada di Pulau Ternate. 

Firjal mengaku, dalam penjemputan piagam ini melibatkan warga yang tidak terlalu banyak karena masih di tengah pandemi, sehingga warga yang diundang disetiap kelurahan hanya 10 orang.

“Kita batasi, satu kelurahan hanya 10 orang yang ikut jemput piagam dan plakat,” kata Firjal kepada indotimur.com.

Lanjut Firjal, masyarakat yang menjemput piagam dan plakat penganugerahan Pahlawan nasional di bandara langsung diarak menuju Kedaton Kesultanan Ternate degan berjalan kaki. 

Firjal menambakan, pihaknya akan membuat naskah yang akan dibuatkan dalam sebuah buku agar bisa dikomsumsi semua masyarakat di Malut. “Mungkin secepatnya kami akan lanching bukunya agar bisa dimiliki oleh semua masyarakat,” ujarnya. 

Selain itu, LSM Karamat juga akan mendorong pemerintahan untuk bisa melihat perjuangan Babullah sehingga menjadikan buku tersebut sebagai bahan ajar di sekolah-sekolah di Malut. 

“Kita akan dorong buku tersebut hingga masuk dalam regulasi pendidikan dan itu akan menjadi program pemerintah daerah, agar buku tersebut bisa dipelajari oleh siswa. Semoga buku yang diterbitkan oleh LSM Karamat bisa bermanfaat,” harapnya. 

(ran)


Reporter: Randy Basri