Home / Nusantara

Penumpang Keluhkan Pelayanan Sumber Raya 05

02 Januari 2021
KM SUmber Raya 05 (Foto_ist)

HALSEL, OT - Sejumlah penumpang kapal konvensional rute Bacan-Ternate dan Ternate-Bacan, terlibat adu mulut dengan Anak Buah Kapal (ABK) KM Sumber Raya 05.

Adu mulut antara penumpang dan ABK itu, dipicu harga tiket kapal yang diberlakukan bagi setiap penumpang yang memiliki tiket maupun tidak memiliki tiket sama. Padahal penumpamg yang tidak memiliki tiket, tidak mendapat fasilitas kapal, baik tempat maupun ranjang.

Informasi yang dihimpun indotimur.com, menyebutkan, puluhan warga yang balik mudik tahun baru 2021 dari Ternate ke Bacan, merasa heran dan terkesan berlebihan lantaran tidak kebagian tiket kapal, namun diberlakukan harga normal seperti penumpang yang memiliki tiket dan mendapat fasilitas berupa tempat dan ranjang kapal.

"Kami tidak dapat tiket serta fasilitasnya seperti ranjang atau kasur dan sebagainya, kenapa kami dibebankan harga tiket normal, Rp 130 ribu," cecar Ridwan salah satu penumpang saat beradu mulut dengan ABK.

Dia bersikeras tidak mau membayar biaya kapal dengan harga normal, karena merasa diperlakukan tidak adil.

Selain tidak mendapat tempat dan kasur, saat tidor, dia hanya beralas sarung yang dibawanya, serta menempati emperan kapal.

"Harusnya kami bayar Rp 100 ribu sudah cukup, karena kami tidak kebagian tiket," kesalnya.

Ridwan mengaku, saat membeli tiket di pelabuhan, petugas menyatakan tiket habis terjual, padahal dia telah antri berjam-jam.

Dia menyebut, harga tiket yang dibayar di kapal, tidak tercatat sebagai pemasukan yang harus dipotong untuk PAD, "kan dalam aturan juga, harga karcis untuk penumpang yang tidak memiliki karcis tidak masuk dalam PAD, tetapi masuk ke ABK," cecarnya.

Sementara itu, salah satu ABK Sumber 05 menyatakan, seluruh penumpang yang naik kapal, diberlakukan tarif yang sama.

Dia menyalahkan penumpang yang kehabisan tiket, namun nekat ikut berlayar, "kalau habis tiket kenapa naik kapal lagi, jadi apapun itu wajib bayar harga sesuai dengan harga tiket," tegas ABK yang enggan ditulis namanya.

Dia mengimbau kepada seluruh calon penumpang baik dari Bacan maupun Ternate dan sebaliknya, untuk membeli tiket sebelum kapal diberangkatkan.

"Jika tidak kebagian tiket, sebaiknya tunda dulu keberangkatan, agar tidak terjadi salah paham dengan ABK saat penagihan tiket," pungkasnya. (iel)


Reporter: Sahril Samad