Home / Nusantara

Kontingen Porwanas PWI Malut Bertolak ke Malang

20 November 2022

TERNATE, OT - Tidak kurang dari 40 atlet yang tergabung dalam kontingen Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) PWI Maluku Utara, Minggu (20/11/2022) siang bertolak dari bandara Sultan Baabullah Ternate menuju Surabayq Jawa Timur.

Dengan menggunakan maskapai Stiwijaya Air, kontingen dengan jumlah total 50 orang terdiri dari 40 atlet, 10 official dan pengurus PWI Maluku Utara berangkat ke Surabaya melalui Makassar.

Rombongan Porwanas PWI Maluku Utara dipimpin langsung oleh Bupati Halmahera Selatan H.Usman Sidik dan juga mantan wartawan  senior reporter RCTI wilayah liputan Provinsi Maluku Utara.

Ketua PWI Maluku Utara Asri Fabanyo dalam keterangan resminya menyampaikan, keberangkatan tim Porwanas PWI  Malut berkat dukungan pemerintah Halmahera Selatan. 

"Untuk Porwanaa ke XIII akan berlangsung 21-27 November 2022 yang diikuti 34 provinsi di Indonesia dengan 10 cabang olahraga yang akan dipertandingkan," kata Asri yang juga Pemred Aspirasi Malut tersebut.

Menurutnya,  kontingen PWI Maluku Utara mengikuti 9 cabang olahraga yaitu Sepak bola, Futsal, Atletik,Tenis Meja , S.Sports, Billiard dan Foto jurnalistik termasuk IKWI pada 2 cabang olahraga Colf dan tenis meja. 

Dari 9 cabang olahraga termasuk IKWI yang akan ikut bertanding pada Porwanas di Malang , target 3 medali yang akan direbutkan,"kata Asri. 

Sementara itu, Penasehat PWI Maluku Utara H.Faisal Aziz pada kesempatan itu mengatakan, semasa kepemimpinan PWI Maluku Utara H.Superdi Abdullah, telah mengukir sejarah bagi PWI Malut pada Porwanas tahun 2010 di Palembang.

Dimana tim Porwanas cabang olahraga sepakbola PWI Maluku Utara meraih medali emas setelah mengalahkan tim DKI pada adu penalti.  

"Saya harapkan para tim Porwanas Maluku Utara, agar jaga kesehatan dan bangun rasa kebersamaan  sesama teman dan tunjukan sportifitas dalam bertanding demi nama baik daerah," ujar Redaktur Publikmalutnews itu. 

Namun disayangkan, pemerintah provinsi Maluku Utara tidak ada kontribusi terhadap wartawan pada ajang bergensi Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) di Malang Jawa Timur. 

Porwanas diikuti dari 34 provinsi di Indonesia dan membawa nama daerah Maluku Utara.

Seperti diketahui tim Porwanas PWI Maluku Utara pernah meraih prestasi yang gemilang tetuma melalui cabor sepakbola, dimana pada tahun 2007 meraih medali perunggu setelah mengalahkan tim Sulawesi Selatan.

Pada tahun 2010, tim yang dikapteni Asghar Saleh meraih medali emas di Palembang setelah mengalahkan tim DKI Jakarta melalui drama adu pinalti dan pada tahun 2013 meraih medali perunggu di Banjatmasin, Kalimantan Selatan.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Redaksi

BERITA TERKAIT