Home / Nusantara

Kemenhub Sosialisasi Penerimaan Calon Taruna/Taruni Tahun Akademik 2019/2020.

10 April 2019
Suasana sosialisasi

TERNATE, OT- Bidang Pengembangan SDM Perhubungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI melaksanakan sosialisasi seleksi penerimaan Calon taruna dan taruni tahun akademik 2019/2020 di gedung duafa centre Kota Ternate, Rabu (10/04/2019).

Kegiatan ini dihadiri Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Ternate M. Tauhid Soleman, Kepala Dinas Perhubungan Kota Ternate Faruk Albaar dan Kabid Pengembangan SDM Perhubungan Laut Irwan, serta siswa-siswi Sekolah SMA dan SMK yang ada di Kota Ternate.

Kabid Pengembangan SDM Perhubungan Laut Kemenhub RI, Irwan Saat di temui Indotimur.com usai sosialisasi mengatakan, berdasarkn surat Mentri pendayagunaan aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No:B/376/M.SM.01.00/2019 tentang persetujuan Tambahan Kebutuhan CPNS dari siswa/siswi pola pembibitan Kemenhub tahun anggaran 2019.

Untuk itu, Kemenhub RI mengundang putra dan uutri bangsa Indonesia, lulusan sekolah lanjutan tingkat atas agar mengikuti seleksi penerimaan calon taruna/taruni pembibitan Kemenhub dan pola pembibitan pemerintah daerah (Pemda).

Menurut Irwan, kuota penerimaan taruna tahun ini berjumlah 2.676 berdasarkan pola pembibitan Kemenhub Sebanyak 1.998 kuota, sedangkan dari studi pola pembibitan Pemda sebanyak 688 kuota. “Pada seleksi taruna/taruni tersebut memiliki empat tahap. Dari  empat tahap itu terkecuali penerbangan, karena itu khusus,” jelasnya.

Lanjut Irwan, untuk calon taruna/taruni hanya berhak memilih satu program studi dan khusus untuk pola pembibitan Pemda diwajibkan berdomisili sesuai dengan wilayah program studi  Pemda dan dibuktikan dengan KTP/kartu keluarga.

"Apabila mereka sudah selesai nanti, dari Kota Ternate akan ditempatkan di tempat yang harus di butuhkan, bukan harus kembali ke daerah masing-masing, agar negara juga tahu, bahwa sebagai putra daerah Kota Ternate juga siap ditempatkan dimana saja," katanya.

Untuk pendaftaran sendiri, dilakukan secara online, yakni https://sipencatar.dephub.go.id(red)


Reporter: Redaksi

BERITA TERKAIT