19 Juni 2019

Ini Prakiraan Cuaca Di Maluku Utara Yang Dirilis BMKG

Kantor BMKG Kelas I Sultan Babullah Ternate

TERNATE, OT - Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Babullah Ternate, mengeluarkan prakiraan cuaca di wilayah Maluku Utara.

Petugas prakirawan BMKG Justia Galensong kepada indotimur.com Rabu (19/6/2019) mengatakan, kodisi cuaca di wilayah Maluku Utara berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, kecuali wilayah Morotai, diprediksikan intensitas curah hujan lebat.

Untuk wilayah Ternate, kata dia, dalam tiga hari kedepan, masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan, "diperkirakan tiga hari kedepan masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan di wilayah Maluku Utara, selain Morotai," kata Justia.

Sedangkan tinggi gelombang di wilayah Maluku Utara mencapai 0,5 hingga 2,5 meter antara lain berpeluang terjadi pada beberapa titik  yakni, perairan Bacan, Obi, Sanana dan Bobong, sedangkan di perairan Taliabu, tinggi gelombang diprediksi mencapai 2,5 meter.

"Kecepatan angin di wilayah Maluku Utara diperkirakan berkecepatan 5 hingga 30 km/jam atau 15 knot," tutur Justia sembari menyebut, jika sewaktu-waktu terjadi perubahan cuaca ekatrim, maka BMKG akan mengekuarkan peringatan dini.

BMKG juga menghimbau kepada masyarakat Maluku Utara khususnya masyarakat Kota Ternate, agar selalu mencermati dan memantau informasi yang dikeluarkan oleh BMKG agar menjadi acuan maayarakat dalam menjalankan aktifitasnya.(MG_02)


Reporter: Munawir Suhardi