Home / Nusantara

BMKG Prediksi Oktober 2021-Januari 2022 Maluku Utara Masih Dilanda Hujan

21 September 2021
Jhoko Sumardiono (foto_randi)

TERNATE, OT - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Babullah Ternate, Maluku Utara, memprediksi akan terjadi curah hujan lebat sepanjang Oktober 2021 hingga Januari 2022 di Maluku Utara.

"Berdasarkan pengamatan kita itu ada dua zona, yakni Zona Musim (ZOM) 328 di Zona Utara dan ZOM 329 di Pulau Taliabu dan Kepulauan Sula, bahwa akan terus terjadi hujan mulai Oktober sampai Januari 2022 mendatang," kata Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Babullah Ternate, Jhoko Sumardiono, Selasa (21/9/2021).

Kata dia, berdasarkan pengamatan dua zona ini, dimana musim hujan di daerah ZOM 328 akan terjadi pada bulan Oktober 2021 yang melanda semua wilayah di Malut. Sementara untuk musim hujan wilayah ZOM 329 akan terjadi di Taliabu dan Kepulauan Sula sampai bulan Maret 2022.

"Kita berharap di zona yang masuk dalam curah hujan nantinya tidak terjadi banjir. Meskipun banjir, diharapkan agar masyarakat yang berada pada bantaran sungai dan juga bekas galian C harus lebih berhati-hati dengan tanah longsor dan banjir bandang," harap Jhoko.

Dia mengaku, untuk ZOM 329 wilayah Taliabu masuk pada topografi kering. Namun tidak kemungkinan akan terjadi banjir.

"Jadi kemungkinan terjadi hujan dan juga banjir, sehingga perlu mengantisipasi karena pada beberapa bulan ini hingga memasuki 2022 akan terus terjadi hujan," katanya.(ran)


Reporter: Randy Basri
Editor: Fauzan Azzam

BERITA TERKAIT