15 Mei 2019

Antisipasi Mudik Lebaran Pelni Siapkan Lima Unit Kapal Printis

Salah Satu Kapal Pelni KM.Sinabung

TERNATE,  OT - Guna mengantiaipasi lonjakan penumpang, saat mudik lebaran tahun 2019, PT. Pelni (Persero) Cabang Ternate Provinsi Maluku Utara (Malut) menyiapkan lima armada kapal perintis guna melayani masyarakat di Malut saat mudik lebaran.

Manager Operasi PT. Pelni (Persero) Cabang Ternate, Irwansyah mengatakan, jelang lebaran sudah dipastikan,  ada peningkatan penumpang, namun saat ini, suasana masih normal seperti hari-hari biasa. 

Dia mengaku, saat mudik atau jelang lebaran, harga tiket tidak mengalami kenaikan, "seperti biasa sesuai harga penjualan Pelni, dengan harga normal, untuk penjualan tiket dari lima kapal perintis, sudah disediakan dari sekarang sesuai jadwal kapal jika masyarakat ingin beli dipersilahkan siapa duluan dia dapat karena antispasi di hari H pasti banyak yang datang untuk membeli tiket," terangnya.

Menurutnya, ada lima kapal yang disiapkan Pelni untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saar mudik, diantaranya KM.Sinabung, KM.Dorolonda, KM.Labobar, KM.Sangian dan KM.Tatamailau siap melayani penumpang sesuai jadwal kapal yang diterbitkan Pelni. 

"Lima kapal ini, akan melayari rute Ternate-Makasar, Bau-Bau, Banggai,  Bitung, Sorong, Manukwari, Biak,Jayapura dan Surabaya, dengan kapal KM.Sinabung untuk KM.Dorolonda mulai dari Ternate, Ambon, Namlea,  Bau-Bau, Makasar, Tanjung Perak, Surabaya, untuk KM.Labobar mulai dari Ternate, Bitung, Sorong, Manukwari, Nabire, Seriu, Jayapura, Balikpapan, Pantoloan, Toli-Toli, Amurang, dan Surabaya," ungkapnya.

Selain itu kata Irwansyah, untuk kapal KM.Sangian mulai dari Ternate, Sanana, Namlea, Ambon, Bitung, Gorontalo, Banggai, Fak-Fak, dan Sorong sedangkan KM. Tatamailau akan melayari rute Ternate, Bacan, Babang, Morotai, Bitung, dan Sorong

Irwansyah.menghimbau kepada masyarakat yang akan mudik dan menggunakan transportasi laut, àgar segera membeli tiket aejak saat ini, agar tidak repot saat jelang lebaran.

"Untuk para penumpang jauh sebelumnya harus sudah membeli tiket, sebab jika menunggu hari H, maka banyak yang datang mengantri untuk pembelian tiket," pungkasnya, (red)


Reporter: Randy Basri