Home / Berita / Nasional

Warga Ternate Antusias Saksikan Baronsai

22 Januari 2023
Baronsai di Ternate dalam rangka memeriahkan tahun baru Cina

TERNATE, OT - Warga Kota Ternate di Provinsi Maluku Utara, antusias menyaksikan parede Baronsai dalam perayaan tahun baru Imlek 2574 di Kota Ternate.

Setelah melaksanakan sembahyang dan ibadah pada Sabtu (21/1/2023) malam, warga Konghucu keturunan di Ternate, menghibur warga Ternate dengan menggelar parade Barongsai dalam kota.

Barongsai yang didatangkan dari Amurang Sulawesi Utara itu, menghibur warga Ternate dari jalan Pahlawan Revolusi, jalan Ahmad Yani hingga jalan Mononutu dan jalan Merdeka.

Amatan indotimur.com, ratusan warga Ternate antusias menyaksikan atraksi Barinsai yang ditampilkan anak-anak Amrurang di sepanjang jalur yang dilalui rombongan Baronsai.

Xue Shi Klenteng Thian Hou Kiong, Boy Ang menjelaskan setelah pandemi covid-19 melanda sejak tahun 2019, pihak Klenteng Thian Hou Kiong tidak merayakan tahun baru Imlek secara berlebihan.

"Kami pada dua tahun kemarin di era menyebarnya wabah covid-19 tidak rayakan tahun baru imlek, pada dua tahun lalu, kami hanya melakukan upacara sembahyang saja," kata Boy Ang yang juga menjabat sebagai Letnan Cina Kesultanan Ternate.

.

Perayaan tahun baru Imlek kembali digelar dengan tradisi Barinsai dan kembang api kembali digelar pada tahun ini. "Karena covid-19 tahun ini sudah mereda, kemudian masyarakat tidak pernah dihibur lagi maka dari itu kami mengundang dua Barongsai dari Amurang Sulawesi Utara, untuk menghibur maayarakat Ternate," katanya.

Menurut Boy Ang, perayaan tahun baru imlek 2574 kongzili tahun ini, dirayakan cukup meriah karena setelah sembahyang dan ibadah, ada atraksi Baronsai dan pesta kembang api, "setelah itu, kami juga berinisiatif menggelar parade Baronsai untuk menghibur maayarakat di Kota Ternate," sebutnya.

Boy Ang yang pernah menjabat sebagai Kapita Cina di era Sultan Mudafar Syah II itu berharap, atraksi Baronsai yang dilaksanakan warga Konghucu keturunan di Ternate, dapat menghibur masyarakat Kota Ternate.

BACA JUGA : Perayaan Imlek di Ternate Berlangsung Khidmat dan Meriah

Sementara itu, Nurul Inayah salah seorang warga Ternate mengaku senang dengan adanya parade Barongsai dalam menyambut tahun baru Cina, "sudah lama tidak melihat Baronsai di Ternate," akunya.

Dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada warga Konghucu keturunan yang berada di Kota Ternate, karena telah memberikan hiburan bagi warga kota, "terima kasih untuk warga Tionghoa di Ternate karena telah memberikan hiburan bagi kami, selatan tahun baru untuk saudara-saudara kami warga keturunan," ucapnya.

Apresiasi juga disampaikan Sahrul warga Ngofakiaha yang kebetulan berada di Ternate. Dia juga mengaku terhibur dengan atraksi Baronsai yang ditampilkan saat perayaan tahun baru Imlek.

"Kebetulan saya berada di Ternate, tadi lihat ramai-ramai padahal ada Baronsai, luar biasa atraksi ini, biasanya hanya lihat lewat TV, tapi tadi saya lihat langsung, luar biasa," kata Sahrul.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Redaksi

BERITA TERKAIT