Home / Berita / Citizen Journalist

Perayaan Imlek di Ternate Berlangsung Khidmat dan Meriah

Siang Ini Atraksi Baronsai Keliling Kota Ternate
22 Januari 2023
Atraksi Baronsai di Klenteng Thian Hou Kiong Ternate

TERNATE, OT - Perayaan tahun baru Imlek 2574 yang dipusatkan di Klenteng Thian Hou Kiong Ternate Provinsi Maluku Utara, Sabtu (21/1/2023), berlangsung penuh khidmat dan mendapat perhatian warga Ternate.

Amatan indotimur.com, sebagian warga Tinghoa keturunan di Kota Ternate melakukan sembahyang dan doa bersama dengan penuh khidmat sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa di Klenteng Thian Hou Kiong Kota Ternate, pada Sabtu (21/1/2023) petang hingga malam hari.

Xue Shi Klenteng Thian Hou Kiong, Boy Ong menjelaskan perayaan Imlek tahun ini selain ritual persembahyangan juga dihibur dengan pertunjukan Barongsai dari pesta kembang api.

“Karena ritual ini tentu tidak bisa kita tingggalkan. Kita tetap melakukan ritual sembahyang, terutama pada tahun baru Imlek, adalah hari dimana kita berterimakasih, mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan para Sing Te,” kata Boy Ong yang juga menjabat sebagai Letnan China Kesultanan Ternate.

Menurutnya, kesempatan yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa hingga tahun baru Imlek sepatutnya disyukuri harapan di tahun mendatang akan mendapatkan sesuatu yang lebih baik. "Baik itu kesehatan, rejeki dan lainnya. Itu yang diharapkan lebih baik dari tahun yang kemarin," ungkapnya.

“Jadi harapannya, Imlek 2574 ini bisa membawa berkah untuk kita semua. Banyak kendala, persoalan, banyak kejadian-kejadian yang boleh dibilang itu sangat membuat bangsa dan negara kita menjadi susah, mudah-mudahan dari Imlek ini nanti tahun baru, semangat baru, harapan baru, semuanya berjalan dengan baik,” harap mantan Kapita China itu.

Dalam doa, menurutnya, juga memohon supaya pandemi covid-19 ini benar-benar segera berlalu. Serta berdoa untuk para pemimpin semoga dikaruniai kesehatan sehingga dapat memimpin bangsa dan daerah ini ke arah kemajuan yang lebih baik.

Xue Shi atau pendeta Klenteng Thian Hou Kiong, Boy Ong menambahkan perayaan Imlek tahun ini lebih ramai pengunjung karena sudah dua tahun tidak menggelar pertunjukan Barongsai akibat pandemi covid-19.

“Tahun ini warga yang datang juga lebih ramai. Kami smapaikan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang sudah datang dan merayakan Imlek 2574,” tambahnya.

Perayaan Imlek 2574 di Klenteng Thian Hou Kiong Ternate juga dikawal oleh aparat Kepolisian Polres Ternate untuk menjaga kondusifitas dan keamanan sepanjang ibadah hingga pesta kembang api.

Pantauan indotimur.com perayaan Imlek 2574 di Klenteng Thian Hou Kiong mendapat perhatian ratusan warga Ternate.

Warga Ternate memadati kawasan Klenteng Thian Hou Kiong untuk menyaksikan atraksi Barinsai dan pesta kembang api.

Sementara itu pada Minggu (22/1/2023) siang, rencananya warga Tionghoa akan menggelar pawai Barongsai dalam kota.

Rencananya, rute yang akan dilalui Barongsai dimulai dari depan Toko Makmur Utara melalui jalan Pahlawan Revolusi hingga depan pelabuhan Ahmad Yani Ternate.

Kemudian berbalik menuju depan PLN hingga pertigaan lampu merah Takoma berbelok ke arah utara melewati jalan Arnold Mononutu hingga jalan Merdeka berbelok ke timur samping Muara Mall menuju kawasan Klenteng Thian Hou Kiong.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Redaksi

BERITA TERKAIT