Home / Berita / Nasional

Vaksinasi Sinovac di Ternate Akan Dilakukan Secara Bertahap

15 Januari 2021
Wali Kota Ternate Menyerahkan Dosis Vaksin Secara Simbolis Kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate

TERNATE, OT - Pemerintah Kota Ternate, secara resmi mencanangkan pelaksanaan vaksinasi covid-19 yang dipusatkan di Puskesmas Siko.

Pencanangan vaksinasi oleh Wali Kota Ternate, H Burhan Abdurahman, dirangkai dengan penyerahan secara dosis vaksin oleh Wali Kota kepada petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ternate.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Ternate, Nurbaiti Radjabessy mengatakan, pelaksanaan vaksinasi di Kota Ternate akan dilakukan secara bertahap.

Pada tahap pertama kata dia, akan dilakukan mulai bulan Januari hingga April, 2021 dengan sasaran tenaga kesehatan dan asisten tenaga kesehatan, sedangkan tahap II vaksinasi akan dilakukan terhadap TNI/Polri, aparat hukum dan petugas pelayanaan publik.

"Tahap III, vaksin akan diberikan kepada masyarakat rentan dari aspek  geospasial, social dan ekonomi, sementara di tahap IV, akan menyasar masyarakat dan pelaku perekonomian dengan pendekatan kluster sesuai dengan ketersediaan vaksin," kata Nurbaity mengutip pernyataan Wali Kota.

Dia mengaku, jumlah dosis vaksin yang tersedia pada Dinkes Kota Ternate sebanyak 1.664 dosis "jumlah yang disediakan Dinkes Kota Ternate, sudah dapat memenuhi tahap tingkatan vaksinasi di Kota Ternate," ujarnya.

Setelah pencanangan, lanjut Nurbaity, pelaksanaan vaksinasi mulai dilakukan hari ini terhadap sejumlah pejabat publik dan relawan serta tenaga kesehatan.

"Pelaksanaan vaksinasi akan dilanjutkan pada tanggal 21 Januari mendatang, karena pada awal pekan depan, kami masih melakukan pelatihan untuk tenaga medis, sesudah itu baru dilanjutkan dengan vaksinasi tahap berikut," tutup Nurbaity.(ded)


Reporter: Dedi Sero Sero