Home / Berita / Nasional

Siap-Siap, Pendaftaran CPNS Dibuka April-Mei

21 Januari 2021
ilustrasi CPNS (ft_ist)

JAKARTA OT - Pemerintah berencana membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mulai bulan April hingga Mei tahun ini.

Kabiro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayaguaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Andi Rahadian mengatakan, pendaftaran CPNS akan dibuka pada bulan April hingga Mei 2021 mendatang. "Saat ini ada sebanyak 113.172 kuota usulan untuk mengisi formasi CPNS pusat dicanangkan pada tahun 2021 ini," jelasnya.

Sementara, untuk pemerintah daerah, lanjut Andi, tersedia sebanyak 438.170 dengan formasi yang masih sama dengan tahun 2020 kemarin. "Formasi tersebut di antaranya tenaga kesehatan, tenaga guru, dan tenaga teknis," ujar Andi.

Menurutnya, ketiga formasi itu menjadi prioritas dengan harapan dapat mendukung arah serta prioritas pembangunan nasional, juga potensi daerah.

"Khusus bagi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak) untuk jabatan guru, berdasarkan kesepakatan sejumlah menteri yang terlibat, yakni Mendikbud, Menteri PANRB, Menkeu, Mendagri, serta BKN (Badan Kepegawaian Negara)," lanjutnya.

Dalam penerimaan CPNS 2021 ini, dijelaskan, BKN akan melakukan rekrutmen dengan jumlah total 1 juta formasi. Guna mengakomodasi hal ini, khusus untuk pengajuan usulan formasi Guru PPPK, BKN memperpanjang sampai tanggal 31 Desember 2021.

Hal itu, lanjut Andi, karena, sampai akhir bulan Agustus 2020, usulan formasi untuk Guru PPPK yang sudah masuk dari 32 pemerintah daerah provinsi, 370 pemda kabupaten, dan 89 Pemerintah kota, baru ada 174.077.

"Kemudian, dalam tahun 2021 ini, khusus seleksi bagi guru PPPK rencananya bakal berlangsung tiga kali," pungkasnya.(@by)


Reporter: Ikbal Bafagih
Editor: Fauzan Azzam