Home / Berita / Nasional
10 Mei 2019

Presiden Lantik AGK-YA Sebagai Gubernur dan Wagub Malut

Suasana pelantikan gubernur dan wakil gubernur Maluku Utara periode 2019-2024 di Istana negara, Jumat (10/5/2019)

JAKARTA, OT- Presiden Joko Widodo melantik Abdul Gani Kasuba dan M. Al Yasin Ali (AGK-YA) sebagai gubernur dan wakil gubernur Maluku Utara (Malut) periode 2019-2024, di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (10/5/2019).

Acara pelantikan itu diawali dengan penyerahan Petikan Keputusan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Selanjutnya Presiden dan Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi  Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo serta AGK-YA menuju ke istana negara yang dikawal oleh pasukan kirab dan Paspampres.

Saat tiba di Istana Negara, proses pelantikan langsung dimulai yang diawali dengan pembacaan surat keputusan  Presiden No 38/P tahun 2019 tentang pengangkatan Gubernur dan wakil Gubernur Maluku Utara  masa jabatan 2019-2024, yang dibacakan kepala  Deputi Bidang Adminstrasi Kementerian Sekertariat Negara.

Setelah itu Presiden Jokowi menanyakan kesediaan  Abdul Gani Kasuba dan Al Yasin Ali untuk diambil sumpah jabatan. Setelah pembacaan sumpah, Gubernur Abdul Gani Kasuba dan Wagub Al Yasin Ali  menandatangani berita acara pelantikan sebagai gubernur dan wakil gubernur Maluku Utara  di hadapan Presiden Jokowi.

Acara pelantikan diakhir dengan ucapan selamat oleh Presiden didampingi Ibu Negara, Wakil Presiden Jusuf Kala didampingi Istrinya, kemudian Menteri Dalam Negeri dan tamu undangan yang hadir di Istana Negara. Baik tamu dari Pemrintah Pusat maupun dari Pemerintah daerah Provinsi Maluku Utara.(red)


Reporter: Fauzan Azzam