Home / Berita / Nasional
17 Juli 2019

Pertemuan Ke-X GNMC Di Tidore, Hasilkan Deklarasi Maluku Kieraha dan Kerjasama Kota Bersaudara

Foto bersama usai Pertemuan Ke-X GNMC Di Tidore

TIDORE, OT- Pertemuan Ke- X Global Network Magellan Cities (GNMC) di Kota Tidore Kepulauan selaku tuan rumah menghasilkan sejumlah kesepakatan, yang tertuang dalam Deklarasi Maluku Kieraha dan Pernyataan kerjasama Kota Bersaudara antar Pemerintah Daerah (Pemda) Tidore Provinsi Maluku Utara Republik Indonesia dan Kerajaan Spanyol.

Hal ini disampaikan Wali Kota Tidore Ali Ibrahim dalam press rillis di ruang rapat kantor Wali Kota, Rabu (17/7/2019) mengatakan, dalam pertemuan ke- X GNMC ini membahas kerjasama di kota- kota Magellhaens di masa yang akan datang.

Dalam pertemuan yang dihadiri 11 Delegasi Kota GNMC menyepakati untuk dilakukan kerjasama dan Deklarasi Maluku Kieraha yang di dalamnya tertuang kerjasama di bidang Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, Hubungan Sosial Budaya, Pengelolaan Kota, Transportasi Maritim, Pembangunan Pelabuhan dan Perikanan.

Kata Ali, pada tahun 2021 nantinya, Pemda Tidore akan melakukan Sail Tidore yang dirangkaikan dengan sejumlah kegiatan diantaranya Napak Tilas 500 Tahun perjalanan keliling dunia Ferdinand Magellhaens dan Elcano dan Pemda Tidore serta Kerajaan Spanyol telah menyepakati dalam kerjasama Kota Bersaudara untuk Peningkatan Sosial Budaya, Pariwisata, Pengembangan Ekonomi dan Pengembangan SDM.

Sementara Presiden GNMC yang baru didaulat dalam pertemuan di Tidore Oscar Humberto Evora Dos Santos, tang juga Wakil Wali Kota Sevilla mengatakan, tujuan dari GNMC yaitu meningkatkan jumlah kota yang terhubung dalam Perjalanan Magellhaens, Kerjasama diantara Negara GNMC dan mengupayakan agar jalur rempah menjadi warisan budaya di UNESCO.

Dia mengungkapkan, bahwa hari ini dan besok nanti seluruh media baik di Tidore dan Spanyol akan ramai dengan pemberitaan atas kerjasama antara Pemerintah Tidore dan Pemerintah Spanyol tentang tanggungjawab dan tugas bersama untuk menumbuh kembangkan dalam kerjasama yang semakin erat baik Pendidikan dan Kebudayaan.

Dalam pertemuan ke- XI nanti Lisbon Portugal akan menjadi Tuan Rumah berdasarkan kesepakan pada Pertemuan ke- X di Tidore, sebenarnya yang usulkan di Cille hanya saja dalam pengurusan teknis terlalu rumit sehingga di tetapkan Lisbon sebagai tuan rumah Pertemuan ke- XI pada bulan Juli 2020 nanti.

Hadiri dalam pertemuan ke- X ada 11 Delegasi GNMC, diantaranya Anggota Dewan Kebudayaan Kota Lisbon (Portugal) Catarina Marques De Almeida Vaz Pinto, Sekretaris Jenderal Kota Lisbon (Portugal) Alberto Luis Laplaine F.G, Anggota Dewan Kebudayaan Vila Nova de Gaia (Portugal) Paula Cristina Martins Carvalhal, Perwakilan Wa Nova da Gaia (Portugal) Helder Seraphim Da Silva Ribeiro.

Selain itu, Wali Kota Praia (Tanjung Verde) Oscar Humberto Evora Dos Santos, Wakil Wali Kota Delegasi Departemen Permukiman Perkotaan Kota Seville (Spanyol) Antonio Munoz Martinez, Direktur Pelaksana Pariwisata Seville (Spanyol) Antonio Jimenez Ruiz, Sekretaris Jenderal GNMC (Portugal) Jose Manuel De Carvalho Marques, Sekretaris Koordinator GNMC (Portugal) Rafael Crespo Torrado, Komite Nasional Sejarah untuk Filipina Rene Escalante, Komite Nasional Filipina Ian Christopher Alfonso.(uji)


Reporter: Fauji Husen "ZI"