Home / Berita / Nasional
19 Juli 2019

Pemprov Malut Siapkan 190 Ton Beras Untuk Pengungsi Gempa Halsel

Tenda pengungsi gempa di Halsel

TERNATE, OT- Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) telah menyiapkan dan mendistribusi sejumlah bantuan pada pengungsi gempa di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel).

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Malut, Bambang Hermawan menyampaikan, Pemprov alut saat ini sudah mengihimpun sejumlah bantuan, berupa  bahan pangan seperti beras. “Kita menyediakkan 190 ton beras, 70 ton sudah dikirm langsung ke Pemkab Halsel, hari ini menggunakan kapal Basarnas yang langsung ke lokasi sebanyak 20 ton, sedangkan sisanya masih tersedia pada gudang komando penanganan darurat,” jelas Bambang.

Dengan jumlah beras tersebut, lanjut Bambang, diestimasi untuk cadagan selama 1 bulan masih mencukupi. Selain beras, bantuan lainnya berupa penyediaan makanan siap saji dan kebutuhann lainnya melalui BPBD, Dinas Sosial dan Biro serta OPD terkait lainnya.

“Selain itu kita juga mengumpulkan bantuan donator, baik dari BUMN maupun perusahaan tambang di Malut. Dan telah membuka tiga posko,” jelasnya.

Lanut Sekda, terekait dengan tenaga kesehatan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemprov juga sudah kirim ke lokasi, baik melalui jalan darat maupun laut. “Tim medias kita hitungan berdasarkan kecamatan yang terdampak gempa, yakni 9 kecamatan sehingga penempatannya kita mengirimkan 20 tenaga medis yang bekerjasama dengan tenaga medis kabupaten Halsel, karena kita hanya koordinasikan dan menambah,” katanya.

Sementara untuk penanganan darurat, Sekda menambahkan, Pemprov sudah kirim Disperkim dan PUPR untuk mengantisipasi dan melakukan pendataan tentang kerusakan dan laporan kepada pemerintah pusat maupun perencanaan penganggaran pemrov Malut.(red)


Reporter: Fauzan Azzam