Home / Berita / Nasional
19 Juli 2019

Pemerintah Sudah Kucurkan Dana Rp 1,3 Miliar Untuk Korban Gempa Halsel

Rumah warga yang rusak akibat gempa

TERNATE, OT- Pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara (Malut), telah memberikan dana untuk korban gempa di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) sebesar Rp 1,3 miliar.

Dana sebesar itu bersumber dari APBN dan APBD Pemprov Malut guna korban gempa yang saat ini berada di pengungsian, sehingga belum termasuk masalah kerusakan. Dari total Rp 1,3 miliar terdiri dari BNPB Rp 500 juta dan pemprov Malut Rp 800 juta.

Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo kepada wartawan menyampaikan, BNPB memiliki anggaran dana siap pakai yang diallokasikan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu), seperti penyiapan helikopter, logistic dan kebtuhan lain.

Selian itu, kata Doni, saat ini untuk dana awal yang diberikan pada Pemerintah kabupaten Halsel sebesar Rp 500 juta yang diperuntukan untuk operasiona. “Dana ini belum untuk perbaikan operasional perumahan dan lainnya,” jellasnya.

“Untuk masalah kerusakan bangunan kita belum berpikir, karena saat ini kita masih berpikir prioritas masyarakay yang ada di pengungsian berupa makananan, obat-obat dan kebutuhan lain. Setelah itu baru masalah kerusakan,” tegas antan pangdam Pattimura Ambon ini.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Malut Bambang Hermawan menambahkan, Peprov Malut sudah memberikan dana sebesar Rp 800 juta yang dikelola oleh Dinas Sosial Rp 500 juta dan BPBD Rp 300 juta. “Dana awal kita baru kucurkan Rp 800 juta,” ujar Sekda pada wartawan.

Dana itu, kata Sekda, diperuntukan untuk makanan siap saji yang disiapkan oleh dinas social, sementara BPBD masalah penanganan di lokasi. Selain itu, ada juga bantuan melalui Biro Kesra Setda Malut berupa kebutuhan bayi dan wanita.

Sekda menambahkan, untuk kerusakan Pemprov Malut belum berpikir karena saat ini masih berpikir menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakat di tempat pengungsian.

 (red)


Reporter: Fauzan Azzam