Home / Berita / Nasional

Operasi Pencarian Korban KM Karya Indah Resmi Ditutup, 282 Orang Selamat dan Satu Hilang

04 Juni 2021
Suasana konferensi pers

TERNATE, OT - Tim gabungan, Jumat (4/6/2021) resmi menutup operasi pencarian satu penumpang korban KM Karya Indah yang terbakar di perairan Pulau Limafatola, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara pada Sabtu 29 Mei 2021 pekan lalu.

Korban bernama Dedi Hidayat (34), warga kompleks perumahan tentara Desa Mangon, Kecamatan Sanana itu, tenggelam disaat kapal terbakar.

Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah mengatakan, setelah melakukan pencarian oleh tim gabungan selama 7 hari terhadap satu korban KM. Karya Indah, tim SAR gabungan belum menemukan tanda-tanda keberadaan korban hingga sekarang.

Arafah mengaku, selain proses pencarian, tim SAR gabungan juga terus melakukan koordinasi dengan pihak keluarga untuk memberikan perkembangan hasil operasi SAR.

"Namun pada hari ini pukul 16.00 WIT operasi SAR kapal terbakarnya KM Karya Indah secara resmi ditutup dengan hasil 282 orang selamat dan 1 orang dinyatakan hilang," ungkap Arafah dalam konferensi pers di aula Kantor Basarnas Ternate, Jumat (4/6/2021).

Arafah menyampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang terlibat dalam pencarian tersebut. Menurutnya, masyarakat Kepulauan Sula juga sangat membantu pencarian dan evakuasi korban.

"Kita sangat berterima kasih kepada semua unsur yang ikut terlibat dalam operasi SAR terhadap satu korban KM Karya Indah. Jika dalam proses pencarian ada hal-hal yang kurang mohon dimaafkan terutama pihak keluarga," ucapnya.

Sementara Kepala KSOP Ternate Affan Tabona juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pencarian, terutama warga Sula.

"Terima kasih atas semua partisipasinya dan juga kepada masyarakat Kepulauan Sula yang turut membantu dalam kecelakan kapal terbakar tersebut," pungkasnya.(ran)


Reporter: Randy Basri
Editor: Fauzan Azzam

BERITA TERKAIT