Home / Berita / Nasional
07 Agustus 2019

Menpar RI: Festival Morotai Akan Masuk 100 Calendar of Events Tahun 2020

Mentri pariwisata arif yahya

DARUBA, OT – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI akan memasukan festival Morotai pada 100 calendar of Evenet pada tahun 2020 mendatang.

Hal itu disampaikan Menteri Pariwisata RI Arief Yahya disaat menghadiri acara tarian bambu tada pada Festival Morotai tahun 2019, Rabu (07/08/2019) di Daruba, kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut).

Menpar dalam sambuatnnya mengatakan, Pemkab Morotai harus menggelar event Sebanyak-banyaknya karena Morotai bukan hanya masuk dalam kalender event  tahun 2020 melainkan event nasional. “Saya sarankan ke bupati agar menggelar event sebanyak-banyaknya di Morotai,” ucapnya.

Festival Morotai, kata menteri, telah masuk kalender event tahun 2020 nanti. “Kami sudah diskusi dan akan dimasukan dievent tahun 2020, dan dimasukan dalan kelender event nasional, maka anak-anak Morotai harus pertahankan prestasi ini,” ungkap menteri.

Menurut menteri, sebuah daerah jika menggelar event maka daerah tersebut akan mengalami perubahan dari segi pendapatan masyarakat, maka di tahun 2020 akan ada 40 event yang digelar di Indonesia, salah satunya di Morotai.

“Tahun ini ada 25 event, di tahun depan ada 40 event karena semakin banyak event maka semakin banyak meningkatkan pendapatan masyarakat. Jika pendapatan perkapita naik, masyarakat Morotai lebih sejahtera,” jelasnya.

Lebih jauh menteri menyampaikan, Kabupaten Pulau Morotai sudah ditetapkan satu dari 10 Bali baru di Indonesia. “Morotai terpilih satu dari dari 10 Bali baru yang telah ditetapkan oleh Presiden, dan di provinsi Malut hanya ada dua agenda nasional yakni festivfal Morotai dan festival Jailolo, ini kesempatan Morotai sebagai kelas destinasi wisata dunia, juga satu dari 10 wisata bahari terbaik di Indonesia,” tutur Arief.

Untuk itu, kata Menteri, usulan bupati Morotai harus didukung terkait infrastruktur pendukung dan penunjang, seperti Bandara dan kebutuhan lainnya guna menyukseskan destinasi pariwisata Morotai.

Sementara Bupati Morotai Beny Laos, dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada Menteri Pariwisata atas penetapan kalender event didalamnya festival Morotai.

“Terima kasih kepada Kemenpar pak Arief Yahya yang telah menetapkan kalender event festival Morotai tahun depan. Kami sadar betul bahwa kami tertinggal maka kami sangat butu dukungan, kami hanya optimis dan modal kami hanya kerja keras,” kata Bupati.

 (hiz)


Reporter: Hizbullah Ode