Home / Berita / Nasional

Kota Ternate Kembali Raih Anugerah Parahita Ekapraya Tingkat Pratama

13 Oktober 2021

TERNATE, OT - Setelah meraih penghargaan Kota Layak Anak (KLA) Tingkat Madya pada bulan Juli lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate kembali meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tingkat Pratama, melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Anugerah Parahita Ekapraya merupakan penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI kepada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah yang berprestasi dan memiliki komitmen tinggi dalam upaya untuk mewujudkan kesetaraan gender dalam pelaksanaan Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).

Penghargaan ini telah diberikan sejak tahun 2004, namun Kota Ternate baru mengikuti untuk pertama kalinya pada tahun 2020.

Verifikasi lapangan APE untuk Kota Ternate telah dilaksanakan 5 April 2021 secara virtual yang ditekankan pada 7 (tujuh) prasyarat/komponen kunci yaitu komitmen, kebijakan, kelembagaan, sumber daya, data gender, analisis anggaran (GAP/GBS) dan partisipasi masyarakat.

Pemberian Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya dilaksanakan pada hari Rabu, 13 Oktober 2021 secara virtual, dalam Side Event Asean Ministerial Meeting on Women (AMHW) ke — 4.

Walikota Ternate, M. Tauhid Soleman, berharap agar dengan adanya penghargaan APE ini bisa menjadi penyemangat bagi seluruh OPD di lingkungan Pemkot Ternate untuk terus memacu penganggaran yang berbasis gender di perangkat daerah masing-masing dalam setiap dimensi pembangunan di Kota Ternate.

Sememtara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Ternate Marjorie Saidah Amal, menyatakan, APE ini baru pertama kali diraih oleh Kota Ternate.

Menurutnya, prestasi ini merupakan keberhasilan semua pihak atas kerja keras dan dedikasi yang tinggi baik dari OPD Driver yaitu DP3A, Bappelitbangda, Inspektorat dan BPKAD Kota Ternate dan sejumlah OPD lainnya sebagai sampel.

Dia berharap, pada penilaian 2 tahun kedepan Pemkot Ternate bisa meningkat pada kategori Madya.

 (tima)


Reporter: Gibran

BERITA TERKAIT