Home / Berita / Nasional

Jelang Sail Tidore dan STQ Tingkat Nasional Dishub Tikep Siapkan Lima Dermaga

18 Februari 2021
Kadishub Tidore Daud Muhammad

TIDORE, OT - Dalam rangka menyambut Sail Tidore dan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) tingkat Nasional tahun 2021, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tidore Kepulauan (Tikep) menyiapkan 5 (lima) dermaga.

Hal ini disampaikan, Kepala Dinas Perhubungan Tikep Daud Muhammad kepada sejumlah wartawan termasuk indotimur.com, Kamis (18/2/2021).

"Lima dermaga yang disiapkan ini, diantaranya dua pelabuhan penyeberangan dan tiga pelabuhan laut yang bersumber dari dana Anggaran Pendapan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapan dan Belanja Daerah (APBD)," terang Daud.

Menurutnya, tiga pelabuhan laut bersumber dari dana DAK APBN sebesar Rp. 29 milyar lebih untuk pelabuhan Rum tetapi Rum ini masih di ruang tunggu dan terminal pelabuhan, serta pelabuhan Fery Dowora dan pelabuhan Fery Galala.

Lanjutnya, untuk dana APBD senilai Rp. 4 milyar untuk pelabuhan penyeberangan Loleo dan Rp. 400 juta lebih untuk pelabuhan penyeberangan Maitara.

Dia menegaskan, untuk pelabuhan Rum yang dianggarkan bukan untuk perbaikan pelabuhan tetapi untuk perbaikan ruang tunggu pelabuhan dan terminal tunggu.(uji)


Reporter: Fauji Husen
Editor: Redaktur Pelaksana