Home / Berita / Nasional

Dubes Spanyol dan Gubernur Malut Dikukuhkan Sebagai Warga kehormatan Tomalou Tidore

27 Maret 2021
Penandatanganan prasasti

TIDORE, OT- Didepan Masjid Agung Nurul Bahar, Kelurahan Tomalou, Kota Tidore Kepulauan (Tikep) merupakan hari bersejarah bagi Duta Besar (Dubes) Spanyol,Jose Maria Matres Manso dan Gubernur Maluku Utara (Malut) Abdul Gani Kasuba.

Keduanya dikukuhkan sebagai warga kehormatan dan sesepuh masyarakat kelurahan Tomalou, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara. Nama mereka juga dipakai sebagai nama jalan di kelurahan tersebut. Jalan itu dibangun masyarakat secara swadaya.

Pengukuhan sendiri dilakukan secara resmi oleh Kepala Kelurahan Tomalou Ishak Lukman yang didampingi sesepuh delapan marga besar di Tomalou, serta disaksikan langsung ratusan masyarakat Tomalou yang hadir. 

Ketua Pamuda Tomalou Abdullah Dahlan menyampaikan, ungkapan terimakasih yang mendalam kepada Dubes Spanyol, Kedubes Portugal, dan rombongan yang hadir di kelurahan Tomalou.

Dirinya berharap, kepada masyarakat Tomalou, agar kedatangan Dubes Spanyol ini sekiranya dapat dilakukan kerjasama dengan Spanyol di bidang Ekonomi, Perikanan Budidaya, Olahraga, dan Beasiswa, serta Pertukaran Pemuda Lintas Negara.

"Kami sangat berharap, agar kedatangan dubes ini selain bersilaturahmi juga dapat membangun dan menjalin kerjasama baik di tidore maupun tomalou pada khususnya,” harap Abdullah.

Sementara Wali Kota Tikep Ali Ibrahim juga mengapresiasi masyarakat Tomalou yang telah sukses melakukan kegiatan pengukuhan kedua tokoh itu.

Dia berharap, agar kedatangan Dubes ini juga dapat membawa dampak positif bagi masyarakat Kota Tikep, setidaknya ada kerjasama dari segi ekonomi maupun hal lainya, sebab apa yang menjadi harapan besar masyarakat Tomalou dirinya berjanji akan mengawal sekaligus memfasilitasinya.

Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba merasa terharu dan bangga dinobatkan sebagai sesepuh masyarakat kelurahan Tomalou.

Dirinya berharap, agar pilkada yang telah usai, masyarakat bersama dengan pemerintah mampu saling bahu membahu dalam menjaga silaturahmi, sekaligus membangun daerah kedepan lebih baik lagi.

Sementara, Dubes Spanyol Jose Maria Matres Manso mengaku, sangat terharu atas apa yang  dilakukan oleh masyarakat Tomalou kepadanya.

"Saya tidak akan lupa, saya akan membawa nama Tomalou dan Tidore di manapun saya berada, dan apa yang menjadi harapan masyarakat akan segera saya realisasi," ungkap Jose.

Dirinya berjanji, akan memberikan beasiswa kepada anak-anak muda kelurahan Tomalou, untuk dapat berlatih sepakbola di spanyol.

Ia mengaku, akan memprioritas beasiswa itu kepada masyarakat setempat, sebab ada beasiswa itu.

”Ada kuota untuk beasiswa ini, saya berjanji akan membawa anak muda disini baik di Tidore maupun Tomalou untuk berlatih sepakbola di Spanyol, di sini juga ada Dubes Portugal tentu dia juga hobi sepakbola, setidaknya masyarakat juga bisa belajar ke Portugal untuk sepak bola,” tuturnya.

Selain itu, dirinya juga mengaku ada kerjasama Spanyol dan Tidore 500 tahun lalu, yang ditandai dengan datangnya kapal Latih Juan Sebastian de Elcano selama dua hari di Tidore.

Diakhir acara, masyarakat Tomalou menyerahkan replika kapal Elcano sebagai cindera mata sekaligus ditandai dengan penandatanganan prasasti sebagai tanda telah menjadi warga Tomalou oleh Dubes Spanyol.

Masyarakat Tomalou juga menyerahkan buku karangan Dr. Marwan Polisiri yang berjudul Sang Nakhoda yang diserahkan ke Wali Kota Tikep Ali Ibrahim, Sang Pendakwa diserahkan ke Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba serta Anak Pinggiran diserahkan ke Wakil Wali Kota Tikep Muhammad Sinen.(uji)


Reporter: Fauji Husen
Editor: Fauzan Azzam

BERITA TERKAIT