Home / Berita / Nasional
09 Juli 2019

Besok JCH Malut Kloter 7 Menuju Emberkasi Makassar

Suasana pelepasan JCH Malut

TERNATE, OT – Setelah dilakukan pelepasan oleh Gubernur Maluku Utara (Malut) Abdul Gani Kasuba yang diwakili Asisten I Hasby Pora, Selasa (9/7/2019) pagi tadi di gedung Duafa Center Kota Ternate, 1.321 Jamaah Calon Haji (JCH) Provinsi Malut siap diberangkatkan menuju emberkasi Makassar, mulai Rabu besok sampai Jumat (12/7/2019).

Berdasarka jadwal keberangkan JCH, Rabu (10/7/2019) besok adalah kelompok terbang (Kloter) 7 sebanyak 450 jamaah, terdiri dari 10 rombongan 40 regu yang terdiri dari Kota Tidore Kepulauan, Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Kabupaten Kepulauan Sula dan TPHD/TKHD 3 orang.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Malut, H Sarbini Sehe kepada indotimur.com mengatakan, jumlah JCH provinsi Malut sebanyak 1.321 jamaah, dan semuanya sudah siap berangkat menuju emberkasi. Terkecuali satu JCH dari Kota Tidore yang tunda berangkat karena sakit maka akan diganti, sehingga pihaknya saat ini dalam proses persiapan untuk menggantikannya.

Jamaah yang diganti, lanjut dia, rencananya akan bergabung dengan kloter 8 atau 9. "Kalaupun itu tidak bisa soal visa, maka dipastikan berangkatnya dengan kloter 10 dan seterusnya, itu langkah yang sementara kami lakukan," jelasnya.

“Berdasarkan jadwal keberangkatan, Rabu besok adalah kloter 7 yang dibagi dalam tiga flight. Flaght pertama jam 7 sudah take off. Selanjutnya pada hari Kamis tanggal 1 Juli Kloter 8 dan Kloter 9 pada hari Jumat nanti,” ujarnya.

Dia memastikan, kondisi kesehatan seluruh jamaah haji sehat dan siap diberangkatkan. "Alhamdulillah sampai dengan pagi ini semuanya sehat dan dapat diberangkatkan, kecuali satu dari Kota Tidore tidak bisa berangkat karena kesehatannya sangat terganggu," katanya.

Saat ini, lanjut dia, jamaah yang sudah berada di Kota Ternate yaitu, kabupaten Haltim, Halbar dan Halteng. Sementara Kepulauan Sula serta Pulau Taliabu dalam perjalanan menuju Kota Ternate, sedangkan Pulau Morotai dan Halut besok sudah tiba di Kota Ternate.

Kanwil menambahkan, pihaknya akan membatasi keluarga jamaah haji yang berkunjung di asrama, karena jangan sampai menganggu waktu istirahat jamaah. Sebab sebentar malam dan besok malam sudah berangkat.

“Saya ebrharap kepada seluruh jamaah haji agar melakukan dua hal penting ini, yakni istirahat yang cukup dan selalu mempelajari materi manasik sehingga melengkapi pelaksanaan ibadah haji dengan baik. Dan untuk masyarakat mari kita doakan jamaah kita agar bisa berangkat dengan keadaan sehat pulang juga dalam keadaan sehat,” harapnya.

 (MG_02)


Reporter: Munawir Suhardi