Home / Berita / Nasional
18 Juli 2019

Begini Kondisi Terakhir Wilayah.Gane Pasca Gempa 7,2 SR

Bantuan Sulit Terdistribusi, Karena Kondisi Alam dan Minimnya Fasilitas

Salah seorang pengungsi Gane Barat yang memasak di jalan untuk kebutuhan makan

TERNATE, OT - Pasca gempabumi 7,2 SR yang mengguncang wilayah Maluku Utara akhir pekan lalu dan mengakibatkan kerusakan yang luar biasa di sejumlah kawasan di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), bantuan kemanusian terus mengalir untuk membantu warga terdampak gempa.

Data yang dikantongi indotimur.com, melalui posko induk Almunawwar menyebutkan, hingga pagi ini, Kamis (18/7/2019), bantuan yang masuk dari berbagai pihak sudah terdistribusi ke sejumlah Desa terdampak gempabumi.

"Bantuan yang masuk melalui posko-posko ormas dan lembaga yang saat ini stay di Saketa juga sudah masuk ke beberapa desa yang terdampak gempa," kata Maqboel, ketua relawan posko induk Almunawwar Ternate.

Dia menyebut, ada sejumlah lokasi yang menyampaikan laporan, bahwa sampai saat ini para pengungsi baru mendapatkan bantuan air mineral dan biscuit, sehingga untuk.kebutuhan makan selama tiga hari terakhir, pengusngsi terpaksa harus mengkonsumsi ubi talas dan ubi jalar karena akses untuk mencapai lokasi tersebut agak sulit.

"Akses yang sulit bagi para relawan dan teman-teman yang masuk ke desa-desa terkena dampak gempa menjadi kendala yang besar, belum lagi jalur yang harus kami lewati ini menggunakan sampan atau speedboat untuk mendistribusikan logistik," ujar Maqboel melalui aplikasi Whatsapp.

Selain itu, lanjut dia, kendala lain yang dihadapi relawan adalah minimnya Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk opersional tim relawan, "pembelian BBM dan lain-lain, untuk bisa mencapai Desa terdampak juga butuh perjuangan yang luar biasa karena kondisi alam.

"Kami saat ini terkendala BBM untuk dapat mensuplay bantuan ke TKP, satu APMS BBM hanya bisa menyediakan 50 liter untuk bisa kami beli, sementara jika menggunakan speedboat, kebutuhan BBM bisa sampai100 liter," terang Maqboel yang saat ini masih berada di Kecamatan Gane Barat bersama relawan Almunawar lainnya.

Dia berharap Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan Pemkab Halmahera Selatan untuk membantu penyediaan sarana transportasi laut, agar bantuan-bantuan maupun logistik segera terdistribusi kepada korban gempabumi yang hingga saat ini sulit dijangkau.

Terkait bantuan, Maqboel mengklaim, ketersediaan bantuan yang saat ini berada di Saketa cukup banyak, hanya saja dengan kondisi alam dan minimnya sarana transportasi laut, pemdistribusian bantuan ke lokasi-lokasi yang sulit dijangkau mengalami kendala.

Sementara itu, tim BPBD Kota Ternate yang membawa bantuan dari masyarakat dan Pemkot Ternate dilaporkan telah berada di Saketa dan telah menyerahkan bantuan ke pihak pemerintah Halsel melalui Kecamatan Gane Barat.(thy)


Reporter: Ibenk