Home / Berita / Nasional

7.000 Pelanggan PLN di Ternate Dapat Listrik Gratis dan Diskon Token

26 Januari 2021
Manajer PT PLN (Persero) UP3 Ternate, Gamal Rizal Kambey

TERNATE, OT - Pemerintah pusat melalui BUMN kembali memberikan subsidi listrik token gratis (PLN token gratis) kepada pelanggan PLN dengan sasaran konsumen rumah tangga 450 VA dan 900 VA.

Program token listrik gratis PLN bagi konsumen rumah tangga daya 450 VA dan 900 VA ini akan diberlakukan hingga Maret tahun ini.

Skema pemberian token gratis, untuk pelanggan rumah tangga dengan kategori daya 450 VA diberikan diskon 100 persen alias gratis, sementara bagi pelanggan dengan daya 900 VA subsidi, akan diberikan diskon 50 persen.

Manajer PT PLN (Persero) UP3 Ternate, Gamal Rizal Kambey menjelaskan, program ini diberlakukan sejak tahun lalu saat wabah corona melanda Indonesia. 

Dia menjelaskan, pada tahun lalu diskon pembayaran 50 persen berlaku ketika dilakukan pembayaran tagihan listrik, sedangkan untuk token pada tahun ini, diberikan saat pelanggan membeli satu token, gratis satu token.

Demikian juga untuk pelanggan bisnis dan industri daya 450 VA, akan diberikan 100 persen untuk tagihan listrik. “Artinya kalau pelanggan beli token harga Rp.50.000 akan diberikan harga Rp100.000,”kata Kamal Kambey kepada sejumlah wartawan di kantor UP3 Ternate, Selasa (26/1/2021).

Sama seperti tahun lalu, lanjut dia, pemberian listrik bersubsidi dari pemerintah untuk warga kota Ternate terdapat 7.000 pelanggan.

Data tersebut kata dia, diperoleh dari Dinas Sosial khususnya warga dengan kategori kurang mampu.

Sebagai informasi, jumlah pelanggan rumah tangga 450 VA rumah tangga 900 VA tidak mampu 7.000 pelanggan termasuk bisnis kecil dan industri kecil. 

Kamal mengatakan, perpanjangan program subsidi tagihan listrik ini merupakan upaya pemerintah untuk meringankan beban kelompok masyarakat tidak mampu dan rentan dalam menghadapi pandemi covid-19. 

Stimulus Covid-19 berupa subsidi listrik token gratis atau diskon listrik bagi pelanggan PLN sudah mulai bisa dinikmati pada tanggal 7 Januari 2021.

Sama seperti bulan-bulan sebelumnya, PT PLN (Persero) menyediakan dua cara utama bagi kedua golongan pelanggan tersebut untuk mendapatkan token gratis, yakni melalui situs web dan WhatsApp resmi perseroan. 

 (thy)


Reporter: Fadli

BERITA TERKAIT