Home / Hiburan / Musik

Akhir Pekan Depan, Komunitas GitarMU Deklarasi

14 November 2020

TERNATE, OT - Komunitas pencinta musik di Ternate, Maluku Utara berencana mendeklarasikan komunitas "Gitaris Maluku Utara" (GitarMU) pada Sabtu (21/11/2020) akhir pekan depan.di Peddock Cafe dan Resto Ternate.

Inisiator komunitas GitarMU, Fajri Anandi menyatakan, Provinsi Maluku Utara, memiliki potensi yang membanggakan di bidang musik, dengan hadirnya musisi-musisi berbakat, termasuk para gitaris yang semakin eksist mengisi ruang-ruang kreativitas. 

Menurutnya, gitaris tak sekedar hobby, namun membuat karya yang bernilai lebih adalah komitmen GitarMU untuk bersama-sama mengembangkan produktivitas dan profesionalitas sebagai gitaris. 

Dia menjelaskan, agar dapat menghasilkan melodi yang indah, gitar hendaknya di stem terlebih dulu dengan menggunakan intuisi seni yang dalam.

"Terdapat 6 senar pada gitar dengan nada yang berbeda-beda. Jika ke-6 senar tersebut di stem dan dimainkan dengan serasi maka akan tercipta harmoni dan melodi yang indah," kata Fajrin.

Sebagaimana filosofi gitar, lanjut dia,.sebagai manusia para gitaris di Maluku Utara menyadari bahwa potensi yang dimiliki masing-masing iika di stem atau dikelola dengan harmonis akan menghasilkan sebuah symphoni yang indah.

"Untuk itulah kami memerlukan sebuah wadah tempat kami menyetem senar iiwa kami, agar iangan sampai mengeluarkan nada-nada yang sumbang. kami berhimpun dan menyetem semangat kami agar menghasilkan energi positif terhadap semesta raya," jelas Fajrin.

Sementara itu, Sekretaris GitarMU, Enol R Harry, menjelaskan, pembentukan komunitas para gitaris yang bernaung dalam komunitas GitarMU, bermaksud mendeklarasikan komunitas ini untuk mempertegas arah dan tujuan kami.

"Tuiuan dibentuknya komunitas GitarMu adalah, sebagai wadah silaturahmi, untuk menialin kebersamaan diantara sesama gitaris," kata Enol.

Selain itu, komunitas ini, diharapkan menjadi wadah kreativitas, memotivasi para gitaris Maluku Utara agar terus berkarya dengan menggelar event-event musik

"Serta sebagai wadah edukasi dan regenerasi, dengan merangkul bibit-bibit gitaris muda Maluku Utara dengan memberikan edukasi, mengadakan coaching clinic dan sharing seputar gitar dan sebagai wadah pengembangan ekonomi kreatif, meningkatkan produktivitas dan profesionalitas gitaris Maluku Utara," tukas Enol.

Dia menambahkan, dengan tagline, "The Energy of Melody" yang memiliki makna sekumpulan nada-nada berirama, melahirkan keindahan, mengungkapkan makna dan memberi inspirasi serta kekuatan. 

"Memetik melodi bukan sekedar berekspresi, tapi melahirkan energi, memberi kontribusi pada seisi negeri," pungkas Enol.

Rencananya deklarasi "Gitaris Maluku Utara" atau disebut GitarMU dijadwalkan berlangsung pada Sabtu pekan depan di Paddock Cafe dan Resto, jalan reklamasi Tomang, Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate, pukul 11:00 waktu di Ternate.

Komumitas GitarMU juga mengajak seluruh warga Kota Ternate, khususnya pencinta musik untuk bersama-sama menjadi saksi berdirinya komunitas GitarMU di Ternate. (ier)


Reporter: Irfansyah Tawainella

BERITA TERKAIT