Home / Indomalut / Morotai

Tahun Ini, Pemkab Pulau Morotai Akan Renovasi 312 Unit Rumah Tidak Layak Huni

22 April 2022
Morotai M Umar Ali

DARUBA, OT - Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut), kembali mendapatkan bantuan 312 unit rumah melalui program Bantuan Stimulus Perumahan Swadaya (BSPS) Kementerian PUPR.

Sekertaris Daerah (Sekda)  Morotai, M Umar Ali mengatakan, penerima bantuan dari program BSPS di Malut hanya tiga Kabupaten. Dan Pulau Morotai kuotanya paling banyak.

“Bantuan ruma dari program BSPS melalui Dirjen PUPR ini di Malut hanya ada tiga daerah, yakni Halbar, Halut serta Morotai. Dan Morotai yang paling banyak yaitu 312 unit ruma,” kata Sekda Morotai.

Sekda menyampaikan, anggaran bantuan 213 unit rumah yang diberikan kepada warga penerima tidak dalam bentuk uang tunai, melainkan dalam bentuk bantuan bahan. Sementara untuk warga penerima bantuan, Pemda Morotai melalui Disperkim akan melakukan verifikasi.

“Bantuan itu dalam bentuk bahan dan anggarannya satu ruma Rp 20 juta, Rp 17,5 juta untuk anggaran bahan dan sisanya 2,5 juta itu sewa tukang, sedangkan Disperkim akan melakukan verifikasi warga di 6 kecamatan yang layak menerima bantuan, namun diprioritaskan bagi masyarakat yang rumanya tidak layak huni,” tegas Sekda Morotai.

Sekedar diketaui, proggram yang bersumber dari anggaran APBN itu senilai Rp, 624 miliar dan sudah mulai direalisasi ke Pemda Morotai. (hiz)


Reporter: Hizbullah Ode
Editor: Fauzan Azzam

BERITA TERKAIT